PEMANFAATAN SITUS SEJARAH PABRIK GULA CEPIRING UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI SEJARAH INDONESIA DI SMA N I GEMUH TAHUN AJARAN 2019-2020


Danu Setiawan, 3101415032 (2021) PEMANFAATAN SITUS SEJARAH PABRIK GULA CEPIRING UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI SEJARAH INDONESIA DI SMA N I GEMUH TAHUN AJARAN 2019-2020. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101415032 - Setiawan Danu(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran sejarah memiliki posisi yang cukup strategis, yaitu memberikan wawasan yang luas bagi siswa mengenai sejarah. Posisi strategis tersebut mengindikasikan betapa pentingnya pembelajaran sejarah untuk membentuk karakter dan kemampuan peserta didik, sehingga menjadi generasi cerdas yang selalu berpijak pada pengalaman sejarah untuk menjadikan kehidupan mendatang menjadi gemilang. Pembelajaran sejarah sendiri bertujuan agar siswa memperoleh kamampuan berfikir historis dan pemahaman seajarah. Keberadaan bukti peninggalan sejarah tentunya sangat menarik untuk diajarkan kepada sisiwa, karena Belanda telah menjajah begitu lama Indonesia, seperti halnya peninggalan masa Kolonial di daerah Kendal yaitu Pabrik Gula Cepiring yang di bangun pada masa kolonial Belanda. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan, tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui jenis materi/bahan ajar sejarah lokal peninggalan masa kolonial Belanda Pabrik Gula Cepiring dalam pembelajaran sejarah masa kolonial kepada siswa kelas XI SMA N I GEMUH. 2) Mengetahui bagaimana upaya guru memanfaatkan bahan ajar terhadap materi bahan ajar sejarah lokal masa kolonial Belanda Pabrik Gula Cepiring dalam pemebelajaran sejarah Masa Kolonial pada siswa Kelas XI IPS I SMA N I GEMUH. 3) Mengetahui penilaian Guru dan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah materi Sejarah masa kolonial menggunakan Bahan Ajar pada siswa kelas XI IPS I SMA N I Gemuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi fenomenologi. Lokasi penelitian di SMA N I Gemuh. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, guru kelas dan siswa, aktivitas pembelajaran dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen.Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Jenis-jenis materi/bahan ajar yang digunakan bervariasi seperti LKS, Buku Paket, dll. 2) Upaya guru memanfatkan bahan ajar sejarah Lokal Pabrik Gula Cepiring dalam pembelajaran sejarah kepada siswa kelas XI IPS 1 SMA N I Gemuh sudah dilakukan. 3) Penilaian Guru dan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah materi Sejarah masa kolonial menggunakan Bahan Ajar pada siswa kelas XI IPS I SMA N I Gemuh dianggap baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Bahan Ajar, Pabrik Gula Cepiring.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:16
Last Modified: 01 Nov 2022 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52412

Actions (login required)

View Item View Item