MODIFIKASI ALAT PERAGA PEMBELAJARAN PJOK MATERI TOLAK PELURU BERBAHAN SERBUK GERGAJI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN MANYARAN 01


Nabila Sekar Yuwono, 1401417113 (2021) MODIFIKASI ALAT PERAGA PEMBELAJARAN PJOK MATERI TOLAK PELURU BERBAHAN SERBUK GERGAJI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN MANYARAN 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417113 - Nabila Sekar Yuwono v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini merupakan kurangnya pengembangan pada alat peraga pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tolak peluru. Pembelajaran tolak peluru yang masih menggunakan peluru standart dengan berat 5 kg untuk putra dan 3 kg, jumlah peluru yang terbatas, serta warna yang ada pada peluru standart tidak menarik perhatian menyebabkan siswa menjadi malas untuk mencoba teknik tolak peluru dengan benar. Permasalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan model alat peraga dengan menggunakan bahan dasar serbuk gergaji dalam pembelajaran PJOK siswa kelas V di SDN Manyaran 01 Semarang. Tujuan dari penelitian adalah dapat menghasilkan produk alat peraga yang di modifikasi dengan bahan serbuk gergaji untuk dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PJOK materi Tolak Peluru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan dari Borg and Gall dengan tahap (1) analisis kebutuhan; (2) pengembangan produk awal (produk alat peraga tolak peluru); (3) uji validitas ahli; (4) revisi produk pertama, (5) uji coba lapangan; (6) revisi produk akhir; (7) hasil akhir produk; (8) uji coba pemakaian. Hasil rata-rata ahli pada uji coba skala kecil produk alat peraga tolak peluru dinilai dengan aspek ketepatan alat peraga tolak peluru sesuai dengan tujuan pembelajaran, ukuran alat peraga tolak peluru sesuai dengan modifikasi, badan dasar modifikasi, bentuk, dan berat alat peraga tolak peluru memperoleh persentase sebesar 94,46% (sangat baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba skala kecil memperoleh persentase 96,54% (sangat baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba lapangan memperoleh (95%) (sangat baik) dan hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba lapangan memperoleh 97% (sangat baik). Data diatas dapat disimpulkan bahwa penembanan pada ala peraga tolak peluru berbahan serbuk gergaji dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran tolak peluru bagi siswa kelas V SDN Manyaran 01 Semarang. Saran bagi guru PJOK di sekolah dasar dapat menggunakan produk peluru modifikasi sebagai alternatif untuk menyampaikan materi serta keterampilan dalam menguasai teknik tolak peluru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi Peluru, Serbuk Gergaji, Tolak Peluru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:55
Last Modified: 01 Nov 2022 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52410

Actions (login required)

View Item View Item