ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU SISWA TEMATIK KELAS III TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018


Hanifah Nurazkiyah, 1401417112 (2021) ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU SISWA TEMATIK KELAS III TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417112 - Hanifah Nurazkiyah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah menerbitkan Buku Siswa sebagai pedoman dalam pembelajaran kurikulum 2013. Buku Siswa berisi uraian materi yang akan diajarkan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh dari itu, Buku Siswa harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi dan bahasa pada Buku Siswa Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku edisi revisi 2018. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa, guru belum melakukan kegiatan analisis Buku Siswa secara menyeluruh dan diperoleh informasi bahwa guru pernah menemukan teks bacaan yang menggunakan bahasa yang kurang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi sumber, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukan kelayakan isi pada Buku Siswa Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku memperoleh persentase sebesar 93,05% dengan kriteria Sangat Layak, kelayakan isi untuk per subtema yaitu pada Subtema 1 dan 2 mendapatkan skor 67 dengan persentase 93,05%, Subtema 3 mendapatkan skor 68 dengan persentase 94,44%, dan Subtema 4 mendapatkan skor 66 dengan persentase 91,67%. Beberapa perbaikan diperlukan pada indikator kelengkapan materi, keluasan materi, akurasi prosedur, tugas yang mendorong untuk mencari informasi lebih jauh, dan materi pengayaan. Kelayakan bahasa pada Buku Siswa Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku memperoleh persentase sebesar 90,62% dengan kriteria Sangat Layak, kelayakan bahasa untuk per subtema yaitu pada Subtema 1 mendapatkan skor 20 dengan persentase 83,33%, Subtema 2 dan 3 mendapatkan skor 22 dengan persentase 91,66%, dan Subtema 4 mendapatkan skor 23 dengan persentase 95,83%. Beberapa perbaikan diperlukan pada indikator kesesuaian dengan tingkat perkembangan intelektual, keterbacaan pesan, dan ketepatan kaidah bahasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang penulis berikan yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan analisis pada buku yang akan digunakan dalam pembelajaran. Guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak hanya berpatok pada kegiatan pembelajaran dalam Buku Siswa. Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus lebih cermat, baik saat membuat maupun melakukan perbaikan buku panduan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Buku Siswa; kelayakan isi; kelayakan bahasa;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:50
Last Modified: 01 Nov 2022 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52407

Actions (login required)

View Item View Item