PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN MODEL NHT PADA HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG DEMAK


Rizky Mega Lestari, 1401417106 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN MODEL NHT PADA HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417106 - Rizky Mega Lestari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Gugus Sultan Agung Demak terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang belum optimal, proses belajar mengajar masih menggunakan model ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan hasil belajar IPS masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dengan model NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dengan model NHT. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dengan model Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang dalam penelitian ini hanya melakukan dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bumiharjo 2 Demak berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dengan model NHT sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 96,8%, dan kelayakan oleh ahli media sebesar 100%. Media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dengan model Numbered Head Together (NHT) juga efektif digunakan dalam pembelajaran dibuktikan dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) diperoleh thitung (5,690) > ttabel (2,024) artinya terdapat perbedaan hasil belajar pretest dan posttest dan peningkatan rata-rata (N-gain) diperoleh sebesar 0,60 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dengan model Numbered Head Together (NHT) sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi keragaman rumah adat di Indonesia. Media ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam pengembangan media pembelajaran inovatif berbasis teknologi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPS; Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:46
Last Modified: 01 Nov 2022 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52406

Actions (login required)

View Item View Item