ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR PADA TEMA KELUARGAKU


Fenny Rosena Chaniago, 1401417105 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR PADA TEMA KELUARGAKU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417105 - Fenny Rosena Chaniago v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Buku Guru dan Buku Siswa merupakan buku teks pelajaran yang menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013. Kedua buku teks pelajaran digunakan di sekolah dasar (SD) dalam melaksanakan pembelajaran. Buku Guru dan Buku Siswa yang digunakan di SD harus memiliki kesesuaian dengan Kurikulum 2013. Ketidaksesuaian antara kedua buku merupakan bentuk kekurangan dari Kurikulum 2013. Ketidaksesuaian pada Buku Guru dan Buku Siswa dapat diketahui melalui kegiatan menganalisis kedua buku tersebut. Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan, guru pernah menemukan ketidaksesuaian materi dengan kompetensi dasar (KD) yang terdapat pada buku, baik Buku Guru maupun Buku Siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah kesesuaian SKL, KI, KD, materi pembelajaran, penerapan pendekatan scientific, pembelajaran tematik terpadu, penilaian autentik, kolom interaksi antara guru dengan orang tua, materi pengayaan, informasi pembelajaran, dan bahan remedial teaching pada aspek kesesuaian dan kedalaman dalam Buku Guru dan Buku Siswa?”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa kelas I tema “Keluargaku” edisi revisi 2017 dengan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif kualitatif, dengan metode kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian yaitu: (1) SKL, KI, KD pada Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, (2) kecukupan materi pembelajaran pada Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan, (3) kedalaman materi pengayaan pada Buku Guru sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, (4) kedalaman materi pembelajaran dan kesesuaian materi pembelajaran pada Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, (5) informasi pembelajaran pada Buku Guru sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu dilengkapi, (6) penerapan pendekatan scientific dalam Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu perbaikan, (7) pembelajaran tematik terpadu pada Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, (8) bahan remedial teaching pada Buku Guru sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu penambahan beberapa materi, (9) penilaian autentik pada Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, dan (10) kolom interaksi antara guru dengan orang tua pada Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Saran yang diberikan yaitu untuk guru agar membaca hasil penelitian yang berkaitan dengan analisis Buku Guru dan Buku Siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Guru; Buku Siswa; Kelas I; Keluargaku.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:42
Last Modified: 01 Nov 2022 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52405

Actions (login required)

View Item View Item