ANALISIS KESESUAIAN MATERI DALAM LKS DIMENSI DENGAN STANDAR ISI MATEMATIKA DI SD KELAS 5 SEMESTER 2
Siti Khilmiyatul Maulida, 1401417104 (2021) ANALISIS KESESUAIAN MATERI DALAM LKS DIMENSI DENGAN STANDAR ISI MATEMATIKA DI SD KELAS 5 SEMESTER 2. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti selama menjadi tutor bimbingan belajar, beberapa sekolah yang siswanya mengikuti bimbingan belajar bersama peneliti, menggunakan buku LKS sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, dari hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan guru kelas 5 sebagai narasumber, pada tanggal 8-11 dan 23 Januari 2021, di Sekolah Dasar se-Dabin Slerok, diperoleh hasil bahwa empat dari tujuh sekolah menggunakan buku LKS sebagai buku pendamping siswa. Dua dari dari empat sekolah tersebut, menggunakan LKS Dimensi sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan analisis buku tersebut belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian materi buku LKS tersebut dengan standar isi. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pada LKS Dimensi Matematika Kelas 5 Semester 2 karya Rizki Budi rahayu, S.Si. terbitan CV. Ar�Rahman Solo secara keseluruhan sudah sesuai dengan Standar Isi Kurikulum 2013, namun diperlukan beberapa perbaikan. Pada Pelajaran 4, perlu ditambahkan penjelasan dan permasalahan mengenai materi bangun ruang bola serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga secara mendalam, penjelasan proses pembentukan jaring-jaring dari sebuah bangun ruang, penyesuaian antara soal latihan dengan materi yang disajikan, penjelasan identitas bagian-bagian pada bangun ruang prisma segitiga, limas segitiga, dan limas segi empat, serta penyertaan sumber pada gambar yang dicantumkan. Pada Pelajaran 5, perlu ditambahkan cara penelitian pada submateri pengumpulan data, penyesuaian antara soal latihan dengan materi yang disajikan, dan penyertaan sumber pada gambar yang dicantumkan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran yang ditujukan kepada sekolah untuk lebih selektif dalam menentukan buku ajar yang digunakan sebagai pendukung buku utama dalam proses pembelajaran, guru seharusnya menganalisis terlebih dahulu buku yang digunakan dalam proses pembelajaran, dan penulis buku untuk lebih cermat dan teliti dalam menyajikan buku untuk kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, buku LKS, matematika, materi, standar isi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 01:37 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 01:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52404 |
Actions (login required)
View Item |