IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SKRIPS


Ilham Jauhary, 3101414048 (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SKRIPS. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101414048 - ILHAM JAUHARY(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SMA Negeri 5 Semarang adalah salah satu sekolah menengah negeri di Kota Semarang yang menerapkan Kurikulum 2013 sejak awal diberlakukan. Meski begitu, ternyata masih terjadi beberapa permasalahan mengenai pelaksanaan kurikulum di SMA ini. Label sekolah unggulan dan berada di jantung Kota Semarang nyatanya tidak membuat sekolah menengah negeri terlepas dari masalah�masalah terkait implementasi kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Fokus penelitian adalah implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Sumber data diperoleh dari guru, siswa dan waka kurikulum sebagai informan, dokumen, dan proses implementasi Kurikulum dalam pembelajaran sejarah. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan terstruktur dan spesifik melalui langkah deskripsi pengalaman personal, daftar pertanyaan penting, pengelompokkan tema, deskripsi tekstual, deskripsi struktural, penulisan deskripsi gabungan dalam hasil dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru sejarah di SMA N 5 Semarang sudah mencantumkan bagian�bagian penting dalam Kurikulum 2013. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala atau hambatan yang menyebabkan nilai-nilai atau kaidah-kaidah yang ada pada Kurikulum 2013 yang sudah dipersiapkan jadi kurang terserap secara optimal. Siswa dan guru, mayoritas sudah memahami pentingnya penerapan nilai-nilai serta tujuan dari Kurikulum 2013 secara optimal pada saat proses pembelajaran sejarah terjadi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemahaman akan nilai dan tujuan yang ingin ditanamkan Kurikulum 2013 sangat penting dalam proses belajar dan sinergitas guru dan siswa memiliki tanggung jawab besar sebagai sarana membuka wawasan dan pengetahuan. Saran peneliti adalah (1) SMA Negeri 5 Semarang menerapkan nilai-nilai yang didapat dari pembelajaran sejarah secara praktik (2) guru sebaiknya meningkatkan diri sehingga bisa mengikuti perkembangan zaman, agar kompetensi yang diajarkan bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:42
Last Modified: 01 Nov 2022 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52401

Actions (login required)

View Item View Item