HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS NUSA KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG


Yunita Puspita Dewi, 1401417098 (2021) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS NUSA KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417098 - Yunita Dewi v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam pendidikan. Pola asuh orang tua dan kecerdasan sosial merupakan faktor internal dan eksternal yang memengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi dengan guru kelas V SDN Gugus Nusa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung diketahui bahwa pola asuh orang tua dan kecerdasan sosial siswa masih rendah, selain itu hasil belajar IPS juga rendah ditandai dengan adanya siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Nusa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung; (2) menguji hubungan antara kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Nusa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung; (3) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Nusa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu 111 siswa kelas V SDN Gugus Nusa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Non-Probability Sampling yang berupa sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisa data, dilakukan uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,602 (klasifikasi kuat), dan berkontribusi sebesar 36,24% (2) ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,607 (klasifikasi kuat), dan berkontribusi sebesar 36,85% (3) ada hubungan positif antara pola asuh orang tua dan kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,627 (klasifikasi kuat), serta berkontribusi sebesar 47,3%. Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Nusa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Saran bagi guru dan sekolah hendaknya dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama antara guru dan orang tua, serta memperhatikan pola asuh yang diberikan kepada siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua, kecerdasan sosial, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:48
Last Modified: 31 Oct 2022 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52397

Actions (login required)

View Item View Item