PENGEMBANGAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 2 JAMPIROSO KABUPATEN TEMANGGUNG


Selviani Widiyawati, 1401417097 (2021) PENGEMBANGAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 2 JAMPIROSO KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417097 - Selviani Widiyawati v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kurangnya pemahaman materi peserta didik terhadap muatan pembelajaran IPS. Berdasarkan data hasil pra-penelitian melalui dokumentasi dan wawancara dengan guru kelas IVB SD Negeri 2 Jampiroso menunjukkan permasalahan yang terjadi pada pembelajaran IPS. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya media ajar yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan desain media ajar, mendeskripsikan kelayakan, dan menguji keefektifan media sparkol videoscribe pada materi pemanfaatan sumber daya alam muatan IPS kelas IVB SD Negeri 2 Jampiroso. Jenis penelitian yang dikembangkan yaitu pengembangan (Reaserch and Development). Model yang digunakan dalam peneltian ini adalah ADDIE dengan tahapan penelitian (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 2 Jampiroso dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kelayakan media, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada materi pemanfaatan sumber daya alam sangat layak digunakan terbukti dari penilaian yang didapatkan dari ahli materi dan ahli media dengan persentase 92,50% dan 88,46%. Dari hasil penelitian media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe efektif digunakan sesuai dengan hasil uji t menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antar hasil belajar pretest dan posttest muatan pelajaran IPS materi pemanfaatan sumber daya alam. Sedangkan untuk hasil uji n-gain yaitu 0,52 dengan kategori sedang menyatakan keefektifan media pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah media ajar berbasis sparkol videoscribe sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi pemanfaatan sumber daya alam kelas IVB SD Negeri 2 Jampiroso Kabupaten Temanggung. Saran penelitian yaitu sekolah dapat mengadakan pelatihan dalam pembuatan media yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemampuan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Sparkol Videoscribe; IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:44
Last Modified: 31 Oct 2022 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52396

Actions (login required)

View Item View Item