PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL DAKON BERBASIS TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 KARANGRANDU JEPARA


Slamet Supriyanto, 1401417090 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL DAKON BERBASIS TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 KARANGRANDU JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417090 - Slamet Supriyanto v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas III SDN 1 Karangrandu Jepara yaitu mengenai hasil belajar peserta didik, dari data penilaian tengah semester menunjukan dari 33 peserta didik, 21 (64%) peserta didik mendapat nilai dibawah KKM. Guru menggunakan media hanya sekali pakai dan kurangnya media di sekolah membuat guru tidak menggunakan media pada proses pembelajaran. Metode dan model pembelajaran bersifat konvensional yaitu, tanya jawab, ceramah, dan diskusi mendominasi pembelajaran matematika. Siswa cenderung pasif dan beranggapan bahwa pembelajaran matematika sulit di pahami. Guna mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan media permainan tradisional dakon berbasis teori Bruner pada muatan pembelajaran matematika materi pembagian dua bilangan cacah kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development Sugiyono dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Potensi dan maslah, (2) Pengumpulan data (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain (6) uji coba produk dan uji coba pemakaian, (7) revisi produk, dan (8) pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Normalitas, Uji T, dan Uji N-Gain. Desain permainan tradisional dakon berbasis teori Bruner antara lain terdiri dari 4 perangakat permainan yaitu koper, dakon, kartu soal, dan petunjuk permainan. Kartu soal berisi pembagian dua bilangan cacah. Hasil penelitian menunjukan penilaian ahli materi sebesar 80% (layak) dan ahli media sebesar 84% (sangat layak). Media yang dikembangkan berpengaruh pada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Pada uji coba produk kelompok (kecil) menunjukan hasil perhitungan t-test sebesar 10,58 dan uji coba pemakaian kelompok (besar) sebesar 14,44. Hasil perhitungan N-gain pada uji coba produk sebesar 0,47 dan uji coba pemakaian sebesar 0,78 termasuk dalam kriteria sedang dan tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa media permainan tradisional dakon berbasis teori Bruner efektif dan layak digunakan pada pembelajaran Matematika dan meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran menggunakan media permainan tradisional dakon berbasis teori Bruner sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional Dakon, Teori Bruner, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:41
Last Modified: 31 Oct 2022 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52395

Actions (login required)

View Item View Item