HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KALINGGA KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA
Ati’ Indah Kumalasari, 1401417076 (2021) HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KALINGGA KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya disiplin dan kemandirian belajar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan prapenelitian, setiap siswa memiliki tingkat disiplin dan kemandirian belajar yang berbeda-beda selain itu hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS masih belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Gugus Kalingga Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara, (2) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Gugus Kalingga Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara, (3) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Gugus Kalingga Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi dengan menjadikan siswa kelas V SDN Gugus Kalingga Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara sebagai populasi. Pengambilan sampel menggunkaan teknik Sampel Jenuh yang berjumlah 127 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, wawancara (prapenelitian), dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, uji prasyarat, analisis korelasi sedehana, analisis korelasi ganda, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS, diperoleh
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disiplin belajar; hasil belajar; kemandirian belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 07:32 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 07:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52392 |
Actions (login required)
View Item |