INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN DI KELAS VB SD LAB SCHOOL UNNES


Laila Damayanti, 1401417075 (2021) INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN DI KELAS VB SD LAB SCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417075 - Laila Damayanti v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan identifikasi masalah yang dilakukan oleh peneliti di SD Lab School UNNES. Melalui wawancara dengan guru kelas, ditemukan permasalahan yaitu terbatasnya penggunaan media berbasis teknologi dalam pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut berdampak pada nilai PTS (Penilaian Tengah Semester) siswa kelas VB muatan pembelajaran IPA yang menujukkan terdapat 6 dari 16 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sehingga peneliti merumuskan masalah penelitian untuk memfokuskan pada pemecahan masalah yaitu bagaimana pengembangan desain, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbantuan teknologi pendidikan yang relevan dengan permasalahan tersebut yaitu E-Comic. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, menguji kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran E-Comic berbasis literasi sains pada materi zat tunggal dan campuran untuk meningkatkan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA kelas VB SD Lab School UNNES. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model penelitian dari Sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan produksi massal. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa dari kelas V A SDN Sampangan 02 dan kelas VB SD Lab School UNNES dengan rincian 25 siswa dan 2 guru beserta 2 ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan analisis data akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-comic berbasis literasi sains berhasil dikembangkan sesuai dengan analisis kurikulum, media, dan pengguna. E-comic berbasis literasi sains juga layak digunakan dengan persentase skor 93,875% dari ahli materi dan media. Respon yang diberikan guru maupun siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase skor 93% (guru) dan 95% (siswa). Selain itu, melalui analisis data diketahui bahwa e-comic berbasis literasi sains terbukti efektif meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t t hitung > t tabel sebesar (9.766539867 > 2.042). Kemudian hasil uji N�gain diperoleh sebesar 0,587 yang berarti masuk pada kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media e-comic berbasis literasi sains berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar materi zat tunggal dan campuran di kelas 5. Saran penelitian ini adalah penulis berharap media e-comic berbasis literasi sains dapat dipertimbangkan untuk dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai media pembelajaran pada materi zat tunggal dan campuran di kelas 5, dan dapat dikembangkan pada muatan atau materi pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-comic,IPA, literasi sains, media, pengembangan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:28
Last Modified: 31 Oct 2022 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52390

Actions (login required)

View Item View Item