ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT MENGENAI PELAYANAN AIR BERSIH PERUMDA AIR MINUM TIRTA MOEDAL DI PERUMAHAN GRIYA MALANGSARI RW 7 KOTA SEMARANG


Nurul Alma Kusumaratih, 5101417029 (2021) ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT MENGENAI PELAYANAN AIR BERSIH PERUMDA AIR MINUM TIRTA MOEDAL DI PERUMAHAN GRIYA MALANGSARI RW 7 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT MENGENAI PELAYANAN AIR BERSIH PERUMDA AIR MINUM TIRTA MOEDAL DI PERUMAHAN GRIYA MALANGSARI RW 7 KOTA SEMARANG] PDF (ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT MENGENAI PELAYANAN AIR BERSIH PERUMDA AIR MINUM TIRTA MOEDAL DI PERUMAHAN GRIYA MALANGSARI RW 7 KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan penduduk Griya Malangsari berdampak pada pemenuhan kebutuhan air bersih dan kelayakannya. Beberapa permasalahan terkait pelayanan air bersih Perumda Air Minum Tirta Moedal di Perumahan Griya Malangsari yang dikeluhkan masyarakat diantaranya air yang sering macet dan mengalir di jam tertentu saja. Maka dari itu, diperlukan adanya penelitian untuk 1) mengetahui kebutuhan air bersih di Perumahan Griya Malangsari tahun 2020, (2) mengetahui total kebutuhan air bersih di Perumahan Griya Malangsari 2030, serta (3) untuk mengetahui pendapat masyarakat Perumahan Griya Malangsari terkait pelayanan air bersih dari Perumda Air Minum Tirta Moedal. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena pengambilan data, analisis data dan hasil dari penelitian ini berupa angka. Dan metode deskriptif digunakan untuk mengetahui pendapat masyarakat mengenai pelayanan air bersih Perumda Tirta Modal. Untuk mendapatkan data primer di perumahan Griya Malangsari menggunakan teknik angket. Sedangkan untuk data sekunder dari Perumda Tirta Moedal menggunakan teknik observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa: (1) kebutuhan air bersih di Griya Malangsari tahun 2020 adalah sebesar 146,74 L/O/H yang artinya penduduk Griya Malangsari termasuk hemat dalam penggunaan air, (2) kebutuhan air bersih di tahun 2030 dengan target cakupan pelayanan 96% adalah 2,57 l/dt atau 172,53 L/O/H, (3) menurut pendapat masyarakat, air yang diterima hanya memenuhi 49% standar kualitas air bersih , kuantitas air layanan sudah mencapai 90% untuk musim penghujan dan musim kemarau, kontinuitas air yang mengalir belum bisa 24 jam dalam sehari terutama di pagi hari hanya terpenuhi 64%, dan kepuasan pelanggan terhadap pelayan Perumda Tirta Moedal dari aspek teknis hanya mencapai 85% dari 100% layanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan air bersih, pelayanan air bersih, pertumbuhan penduduk
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:34
Last Modified: 31 Oct 2022 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52389

Actions (login required)

View Item View Item