MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS MULTIKULTURAL MATERI KEGIATAN EKONOMI MUATAN IPS KELAS IV SDN MENTOSARI KABUPATEN BATANG


Islaily Maulidiyah, 1401417071 (2021) MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS MULTIKULTURAL MATERI KEGIATAN EKONOMI MUATAN IPS KELAS IV SDN MENTOSARI KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417071 - Islaily Maulidiyah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pra penelitian di kelas IV SDN Mentosari Kabupaten Batang melalui wawancara ditemukan bahwa penyebab siswa kurang optimal dalam memahami pembelajaran ialah minimnya penggunaan media dalam pembelajaran dan sumber belajar serta guru sudah menggunakan buku siswa dan buku guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis multikultural Kabupaten Batang yang efektif digunakan oleh guru maupun siswa dalam kegiatan belajar-mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar materi kegiatan ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi dengan 5 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Mentosari Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif pada angket validasi ahli materi dan media serta angket kebutuhan dan tanggapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif Articulate Storyline berbasis multikultural sangat layak digunakan dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 100%, dan komponen penyajian oleh ahli media sebesar 96,7%. Kelayakan multimedia interaktif ini juga didukung oleh hasil angket tanggapan guru dan siswa kelas IV. Hasil angket tanggapan guru memperoleh presentase kelayakan sebesar 100% dan hasil angket tanggapan siswa memperoleh presentase kelayakan sebesar 96%. Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif Articulate Storyline berbasis multikultural layak digunakan pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Media pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa dan mempermudah guru dalam menjelaskan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif; articulate storyline; kegiatan ekonomi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:13
Last Modified: 31 Oct 2022 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52385

Actions (login required)

View Item View Item