PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI DAFTAR PERINTAH AUTOCAD Penelitian Ini Dilakukan pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 2 Pati


Muhammad Akbar, 5101417022 (2021) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI DAFTAR PERINTAH AUTOCAD Penelitian Ini Dilakukan pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 2 Pati. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI DAFTAR PERINTAH AUTOCAD Penelitian Ini Dilakukan pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 2 Pati] PDF (PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI DAFTAR PERINTAH AUTOCAD Penelitian Ini Dilakukan pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 2 Pati)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Sudah umum diketahui bahwa model pembelajaran modern sekarang ini tentu berbeda dengan model pembelajaran tradisional. Apabila pada model pembelajaran tradisional siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran dan hanya mendengarkan ceramah dari guru, maka pada model pembelajaran saat ini yang terjadi adalah sebaliknya. Para siswa dituntut untuk tidak lagi hanya semata-mata mendengarkan penjelasan dari guru, tetapi turut secara aktif berpartisipasi dalam membangun pengetahuan dan pemahamannya sendiri. Dalam melakukan pembelajaran mandiri diperlukan media pendukung guna membantu siswa memahami materi. Penelitian ini dilakukan untuk membuat media pendukung siswa berbentuk aplikasi. Media berbentuk aplikasi dibuat agar siswa dapat membuka materi dimana pun dan kapan pun menggunakan smartphone tanpa menggunakan internet. Desain penelitian ini secara umum terdiri atas empat tahap penelitian, yakni pengumpulan informasi, perancangan draf media, pembuatan media, dan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Populasi sampel penelitian ini adalah siswa program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan kelas XI yang menempuh mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Sampel penelitian ini adalah tiga puluh siswa dari tiga kelas yang berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket lembar penilaian ahli materi, lembar angket penilaian ahli media, dan lembar angket tanggapan siswa. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi data penilaian ahli dan data tanggapan siswa. Hasil penelitian ini meliputi nilai persentase akhir dari penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan tanggapan siswa terhadap Media Daftar Perintah AutoCAD. Dari hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh nilai persentase akhir sebesar 90% sehingga menunjukkan interpretasi sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil penilaian oleh ahli media diperoleh nilai persentase akhir sebesar 88,1% sehingga menunjukkan interpretasi sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sementara itu, dari hasil respons para siswa SMK Negeri 2 Pati diperoleh nilai persentase akhir sebesar 88,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa tanggapan siswa terhadap media tersebut sangatlah baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Berbasis Android, Perintah AutoCAD, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan, Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung, Power Point.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:09
Last Modified: 31 Oct 2022 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52384

Actions (login required)

View Item View Item