PENGEMBANGAN E-MODUL PANDUAN EDMODO SEBAGAI PENUNJANG PENILAIAN BERBASIS TEKNOLOGI DI KELAS TINGGI SDN PLALANGAN 03 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Dessy Firda Rahmawati, 1401417062 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL PANDUAN EDMODO SEBAGAI PENUNJANG PENILAIAN BERBASIS TEKNOLOGI DI KELAS TINGGI SDN PLALANGAN 03 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417062 - Dessy Firda Rahmawati v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian hasil belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan, karena bertujuan untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran. Penilaian harus tetap dilaksanakan dalam kondisi apapun, tidak terkecuali di masa pandemi, penilaian harus tetap dilaksanakan walaupun terdapat kendala dan keterbatasan dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SDN Plalangan 03, ditemukan permasalahan berkaitan dengan pelaksanaan penilaian di masa pandemi yaitu penilaian belum dapat dilaksanakan secara optimal. Permasalahan tersebut disebabkan oleh terbatasnya kemampuan penggunaan Information Technology (IT) sehingga menyebabkan ketidakpahaman siswa dalam mengoperasikan platform penilaian online. Guru sebenarnya telah mendapatkan pelatihan penggunaan platform online namun hal tersebut belum dilaksanakan dengan mempertimbangkan berbagai hal. Dengan mempertimbangkan SDM guru yang telah mendapatkan pelatihan penggunaan edmodo, peneliti merekomendasikan penggunaan edmodo sebagai penunjang pelaksanaan penilaian berbasis teknologi. Telah ada panduan tentang panduan platform edmodo, namun dalam platform tersebut masih terdapat kelemahan antara lain: bahasa belum sesuai dengan kebutuhan siswa SD, dikemas secara cetak dengan penjelasan yang terlalu panjang sehingga sulit dipahami guru dan siswa, bahasa verbal dalam panduan tidak sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, desain panduan yang kurang menarik sehingga perlu adanya panduan yang didesain secara lebih menarik. Sehingga peneliti mengembangkan e-modul panduan edmodo sebangai penunjang penilaian berbasis teknologi di kelas tinggi SDN Plalangan 03. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan e-modul panduan edmodo, serta keterlaksanaan penggunaan edmodo di SDN Plalangan 03. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall dengan hanya melaksanakan sampai 6 tahap pengembangan, yaitu (1) analisis potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk dan perencanaan; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase guna menjawab rumusan masalah yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform penilaian yang cenderung digunakan di masa pandemi Covid-19 oleh peneliti merekomendasikan penggunaan edmodo dalam menunjang pelaksanaan penilaian di masa pandemi, sehingga peneliti mengembangkan e-modul panduan edmodo. E-modul panduan edmodo sangat layak digunakan dengan persentase rata-rata penilaian validator materi sebesar 99,50% dengan kriteria sangat layak, penilaian validator media sebesar 99,37% dengan kriteria sangat layak, analisis kelayakan oleh guru dengan vii persentase kelayakan sebesar 89% dengan kriteria sangat layak, dan analisis kelayakan oleh siswa sebesar 86% dengan kriteria sangat layak. Persentase keterlaksanaan penggunaan edmodo oleh guru sebesar 79,66% dengan kriteria dapat dilaksanakan dan persentse keterlaksanaan penggunaan edmodo oleh siswa sebesar 59,73% dengan kriteria cukup dapat dilaksanakan. Simpulan penelitian ini adalah e-modul panduan edmodo sangat layak digunakan untuk memberikan pemahaman siswa dan guru terkait penggunaan edmodo. Namun, penggunaan edmodo belum sepenuhnya dapat dilaksanakan terutama bagi siswa. Saran penelitian ini yaitu sekolah mengupayakan pelaksanaan learning management system (LMS) serta ketersediaan alat penunjang, pembiasaan penggunaan IT bagi guru dan siswa demi terlaksananya penilaian berbasis teknologi berbantuan edmodo atau platform-platform penunjang penilaian lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berbasis Teknologi; Edmodo; E-Modul Panduan, Penilaian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:08
Last Modified: 31 Oct 2022 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52383

Actions (login required)

View Item View Item