PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GADGET DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 13 MULYOHARJO KABUPATEN PEMALANG


Intiana Gozalia Putri, 1401417061 (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GADGET DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 13 MULYOHARJO KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417061 - intiana gozalia putri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak pada penyelenggaraan pendidikan di Indonesia yaitu tidak diperbolehkannya pembelajaran tatap muka di sekolah melainkan di rumah, sehingga aktifitas belajar mengajar dilakukan secara daring dan menggunakan teknologi berupa gadget sebagai sarana dalam proses pembelajaran. Kebijakan pemerintah untuk belajar secara daring membuat siswa tidak dapat berinteraksi langsung dengan guru dan teman sekelasnya. Siswa menjadi lebih banyak berinteraksi dengan gadget. Hal tersebut dapat mempengaruhi sikap sosial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan gadget di masa pandemi covid-19 dalam membentuk sikap sosial siswa kelas V SD Negeri 13 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang; (2) menganalisis dan mendeskripsikan dampak positif penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan gadget di masa pandemi covid-19 dalam membentuk sikap sosial siswa kelas V SD Negeri 13 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang; (3) menganalisis dan mendeskripsikan dampak negatif penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan gadget di masa pandemi covid-19 dalam membentuk sikap sosial siswa kelas V SD Negeri 13 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring bersifat fleksibel sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Pelaksanaan pembelajaran daring berfokus pada metode penugasan dengan memanfaatkan handphone dan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Gadget di Masa Pandemi Covid-19 Membentuk Sikap Sosial Positif Siswa Kelas V SD Negeri 13 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang. Sikap sosial tersebut antara lain jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri. Selain dampak positif, pembelajaran daring dapat menimbulkan dampak negatif. Disarankan pada pihak sekolah untuk dapat melaksanakan pembelajaran daring secara optimal dan orang tua lebih meningkatkan perhatian kepada anak karena kedua hal tersebut berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gadget, pandemi covid-19, pembelajaran daring, sikap sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:49
Last Modified: 31 Oct 2022 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52382

Actions (login required)

View Item View Item