PEMBUATAN E-MODUL MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI PADA JURUSAN DESAIN PERMODELAN INFORMASI BANGUNAN KELAS XI


Rizky Alfiah, 5101417021 (2021) PEMBUATAN E-MODUL MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI PADA JURUSAN DESAIN PERMODELAN INFORMASI BANGUNAN KELAS XI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMBUATAN E-MODUL MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI PADA JURUSAN DESAIN PERMODELAN INFORMASI BANGUNAN KELAS XI] PDF (PEMBUATAN E-MODUL MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI PADA JURUSAN DESAIN PERMODELAN INFORMASI BANGUNAN KELAS XI)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi merupakan mata pelajaran kurikulum 2013, salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti bagi siswa kelas XI program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Karena memakai kurikulum 2013 maka siswa dituntut untuk belajar mandiri, belajar lebuh aktif tidak mengandalkan guru dalam pembelajaran, maka perlu adanya media pembelajaran yang menunjang siswa untuk belajar mandiri dan lebih aktif. Serta dimana adanya wabah COVID-19 yang mengharuskan menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh menggunakan Internet. Dengan adanya elektronik modul siswa diharapkan dapat lebih aktif dan belajar mandiri dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 dapat terlaksana semaksimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan E-Modul yang sesuai dengan Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi berdasarkan presepsi guru pengampu mata pelajaran estimasi biaya konstruksi kelas XI program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Dalam mengambil data peneliti memakai instrumen berupa angket uji validasi kelayakan materi oleh ahli materi dan angket uji validasi kelayakan media oleh ahli media. dengan hasil akhir produk media pembelajaran berupa Elektronik Modul Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XI semester 1 program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Hasil akhir pada penelitian terhadap elektronik modul oleh ahli materi mendapatkan presentase rata – rata 94.45% termasuk dalam kategori sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi, dan termasuk kategori sangat layak. Sedangkan penelitian terhadap elektronik modul oleh ahli media yaitu mendapatkan presentase rata – rata 83.00 termasuk dalam kategori sangat baik dan termasuk kategori sangat layak untuk digunakan. Maka elektronik modul Estimasi Biaya Konstruksi yang telah dibuat untuk kelas XI semester 1 program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) dinyatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Elektronik Modul, Estimasi Biaya Konstruksi
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:49
Last Modified: 31 Oct 2022 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52381

Actions (login required)

View Item View Item