KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KABUPATEN GROBOGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD


Kholisah, 1401417060 (2021) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KABUPATEN GROBOGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417060 - Kholisah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil prapenelitian yang dilakukan di kelas IV SD, Gugus Dewi Sartika, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan diperoleh data bahwa hasil belajar bahasa Indonesia belum mencapai kriteria ketuntasan. Hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami suatu bacaan. Bacaan yang terdapat pada bahan ajar yang digunakan siswa belum memanfaatkan lingkungan sekitar siswa, sehingga hasil belajar bahasa Indonesia masih rendah. Pada kegiatan pembelajaran ditemui juga rendahnya aktivitas belajar siswa pada saat bahan ajar disajikan. Hal ini perlu adanya perlakuan yaitu dengan menggunakan bahan ajar membaca berbasis Kabupaten Grobogan. Bahan ajar tersebut terkandung materi yang bersifat nyata dan dekat dengan lingkungan siswa, sehingga siswa lebih mudah untuk memahami bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan bahan ajar membaca berbasis Kabupaten Grobogan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia serta menguji keaktifan siswa saat menggunakan bahan ajar berbasis Kabupaten Grobogan dibandingkan dengan bahan ajar berbasis nasional pada kelas IV SD Gugus Dewi Sartika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Desain penelitian menggunakan nonequivaent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji n-gain, dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar membaca berbasis Kabupten Grobogan efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menggali pengetahuan baru pada teks. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, efektif, hasil belajar bahasa Indonesia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:44
Last Modified: 31 Oct 2022 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52380

Actions (login required)

View Item View Item