KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Nindi Galih Saputri, 1401417056 (2021) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417056 - Nindi Galih Saputri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil prapenelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD pada 7 kelas di Gugus Srikandi, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang pada kemampuan membaca pemahaman terdapat 72 dari 132 siswa belum maksimal karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan. Bahan ajar yang digunakan bersumber dari buku siswa dan buku pendamping yang dibuat berbasis nasional sehingga topik bacaan yang disajikan masih jauh dari kehidupan siswa. Selain itu ditemukan rendahnya aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan bahan ajar membaca berbasis budaya lokal terhadap kemampuan membaca pemahaman dan aktivitas siswa. Penelitian ini menggunakkan jenis penelitian eksperimen semu dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor tes akhir kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 76,26 dan kelas kontrol sebesar 64. Nilai n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai n-gain kelas kontrol (0,55 > 0,35) yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil perhitungan aktivitas siswa melalui pengamatan diperoleh rata-rata skor aktivitas siswa di kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 66% dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 60%. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar membaca berbasis budaya lokal efektif digunakan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan aktivitas siswa kelas IV SD di Gugus Srikandi Kecamatan Candimulyo. Saran yang diberikan yaitu bahan ajar membaca berbasis budaya lokal dapat dijadikan referensi siswa dan guru dengan beberapa pengembangan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar pada kemampuan membaca pemahaman dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar membaca, kemampuan membaca pemahaman, budaya lokal.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:40
Last Modified: 31 Oct 2022 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52379

Actions (login required)

View Item View Item