PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG


Kintan Devinta Nurmayati, 5101417010 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG] PDF (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk sekolah yang harus melaksanakan pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring pada siswa kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 4 Semarang, ditinjau dari keberhasilan siswa mencapai tujuan pembelajaran, keaktifan siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring, dan ketersediaan sarana pendukung proses pembelajaran daring. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling dan besar sampel dihitung menggunakan rumus slovin. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi serta kuisioner yang pemberian skornya menggunakan skala likert. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment dan reliabilitasnya menggunakan uji cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran atas dasar KKM termasuk ke dalam kategori baik, sebesar 62,65%, (2) persentase keaktifan siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring termasuk ke dalam kategori baik, sebesar 76,97%, dan (3) persentase ketersediaan sarana penunjang proses pembelajaran daring termasuk ke dalam kategori baik, sebesar 75,14%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:41
Last Modified: 31 Oct 2022 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52378

Actions (login required)

View Item View Item