STUDI KEPUSTAKAAN ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA SD


Nurul Hanifah, 1401417050 (2021) STUDI KEPUSTAKAAN ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417050 - Nurul Hanifah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kerjasama dan hasil belajar yang kurang maksimal merupakan suatu masalah yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang inovatif sehingga siswa pasif dan bosan dalam pembelajaran. Terdapat 5 nilai (Karakter) salah satunya yaitu gotong royong mencerminkan subnilai salah satunya kerjasama. Dalam proses pembelajaran apabila kerjasama yang dimaksud dapat diterapkan maka hasil belajar pada siswa juga akan mengalami peningkatan. Maka diperlukan model pembelajaran seperti Model GI yang dapat melatih siswa meningkatkan kerjasama dan membuat hasil belajar meningkat. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh Model Pembelajaran GI terhadap kerjasama dan hasil belajar siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kepustakaan (library research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sumber jurnal dari Google Scholar dan SINTA. Analisis yang digunakan yaitu analisis isi pada jurnal. Hasil penelitian dari empat puluh tiga (43) Jurnal yang telah di-review, terdapat tiga jenis metode penelitian PTK, Eksperimen dan Studi kasus. Hasil penelitian PTK menunjukan bahwa GI dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa SD dilihat dari peningkatan siklus ke siklus. Hasil penelitian Eksperimen terdapat perbedaan hasil kelas eksperimen lebih ting gi hasilnya dari kelas kontrol terhadap kerjasama dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian studi kasus di SD inklusi Thailand terdapat perbedaan sebelum menggunakan GI dengan sesudah menggunakan GI terhadap peningkatan ketrampilan sosial siswa. Secara keseluruhan Model Pembelajaran GI berpengaruh terhadap kerjasama dan hasil belajar siswa SD dengan data terbanyak pada siswa kelas tinggi pada mata pelajaran model Pembelajaran GI dengan bantuan media lebih besar pengaruhnya. Saran ditujukan kepada (1) Guru baik di SD Reguler dan SD inklusi menerapkan model pembelajaran GI dengan berbantuan media berbasis teknologi maupun konvensional sehingga meningkatkan kerjasama dan hasil belajar. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan model pembelajaran GI dengan berbantuan media berbasis teknologi dengan metode penelian R&D.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kerjasama; Model Pembelajaran Group investigation.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:36
Last Modified: 31 Oct 2022 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52377

Actions (login required)

View Item View Item