PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN CIKUYA 01 BREBES
Yuningsih, 1401417048 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN CIKUYA 01 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di kelas V SDN Cikuya 01 Brebes melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi terdapat permasalahan terkait sumber belajar yang digunakan kurang bervariasi sehingga rendahnya hasil belajar pada muatan pelajaran IPS. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan bahan ajar berbasis kearifan lokal pada muatan pelajaran IPS siswa kelas V SDN Cikuya 01 Brebes. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall yang di adaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cikuya 01 Brebes berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media dan angket tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 94,11%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 94,23%, dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 91,66%. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan dengan hasil uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 309 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis kearifan lokal layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada muatan pelajaran IPS materi keragaman sosial dan budaya. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan bahan ajar kearifan lokal pada muatan pelajaran lainnya, memperbaiki tampilan desain dan menambahkan gambar sesuai dengan lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; IPS; Kearifan Lokal |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 06:25 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 06:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52375 |
Actions (login required)
View Item |