PENGEMBANGAN MEDIA GEUMAS (GAME EDUKASI USAHA MASYARAKAT) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VA SDN SRONDOL KULON 02 SEMARANG


Ilmannia Nur Fadhilah, 1401417045 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA GEUMAS (GAME EDUKASI USAHA MASYARAKAT) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VA SDN SRONDOL KULON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417045 - Ilmannia Nur Fadhilah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VA SDN Srondol Kulon 02 Semarang. Berdasarkan data hasil penelitian terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan kurangnya media pembelajaran yang disediakan hanya berupa gambar, video pembelajaran dan hasil belajar pada materi jenis usaha masyarakat belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media geumas (game edukasi usaha masyarakat) berbasis android pada muatan IPS, kelayakan dan keefektifan media gemas berbasis android dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media, mendeskripsikan kelayakan media, dan menguji keefektifan media. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah penelitian yakni analysis, design, development, implementation, evaluation. Penelitian ini terdapat satu variabel bebas yakni media pembelajaran berbasis android dan satu variabel terikat yakni hasil belajar siswa. Teknik analisis data melalui observasi, wawancara, uji coba soal, uji coba produk, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gemas berbasis android pada muatan IPS sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli materi sebesar 90% dan persentase penilaian kelayakan oleh ahli media 100% termasuk valid. Media Geumas (Game Edukasi Usaha Masyarakat) berbasis android efektif terhadap peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan adanya selisih perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 18,29 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,569 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media geumas berbasis android layak dan efektif digunakan pada muatan IPS materi jenis usaha masyarakat. Saran sebaiknya siswa menggunakan media geumas (game edukasi usaha masyarakat) berbasis android pada muatan IPS sebagai penunjang pembelajaran selama daring pada materi jenis usaha masyarakat sehingga siswa mampu memperoleh hasil belajar yang lebih baik/maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media geumas, android, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:20
Last Modified: 31 Oct 2022 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52374

Actions (login required)

View Item View Item