ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI CERITA DALAM BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN KURIKULUM 2013


Arum Dwi Rukmana, 1401417043 (2021) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI CERITA DALAM BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417043 - Arum Dwi Rukmana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah terdapat permasalahan�permasalahan yang sering ditemukan yang berkaitan dengan melemahnya karakter pelajar antara lain melakukan kekerasan, pertikaian, tawuran antar pelajar. Perilaku melemahnya karakter siswa ditunjukkan dengan sikap tidak hormat siswa terhadap yang lebih tua, perilaku siswa sekarang lebih suka bermain gadget dari pada bermain dengan teman lainnya atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Pendidikan karakter dapat diberikan secara integrasi pada semua materi pembelajaran. Pendidikan karakter dalam bahan ajar dapat direpresentasikan dengan tokoh-tokoh dalam teks cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana nilai karakter dan kualitas cerita yang terkandung pada materi cerita dalam Buku Siswa Kelas IV Tema 4 “Berbagai Pekerjaan”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dan mendeskripsi nilai karakter dan kualitas cerita dalam buku tersebut. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, simak dan catat, dan dokumentasi dengan memakai kartu data. Uji keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan auditing Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 15 materi cerita dalam Buku Siswa Kelas IV SD/MI Tema 4 Berbagai Pekerjaan (edisi revisi 2017). Cerita yang paling banyak mengandung nilai karakter adalah “Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan “Hebatnya Dokter Kami” yaitu sebanyak 6 nilai karakter. Sedangkan cerita yang paling sedikit mengandung nilai karakter adalah cerita “Tempat Hidup Tanaman Teh” dan “Iko Uwais” yaitu 1 nilai karakter. Selain nilai karakter, materi cerita dalam Buku Siswa tersebut mempunyai kualitas cerita yang sangat baik. Cerita dengan penggambaran tema, tokoh, alur, latar, ilustrasi, bahasa, dan format yang digunakan pada cerita tersebut sangat sederhana dan jelas sehingga mudah dipahami oleh anak sekolah dasar. Simpulan penelitian ini bahwa ditemukan nilai karakter sebanyak 51 dan kualitas cerita keseluruhan sangat baik. Saran yang diberikan adalah 1) bagi guru atau orang tua dapat menjadikan cerita sebagai alternatif pilihan dalam mendidik anak tentang nilai-nilai karakter, 2) bagi siswa hendaknya dapat memilih karakter yang baik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan, 3) bagi sekolah sangat dianjurkan menambah koleksi cerita-cerita untuk bacaan anak di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Teks Cerita, Buku Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:54
Last Modified: 31 Oct 2022 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52372

Actions (login required)

View Item View Item