ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PDAM KABUPATEN SEMARANG CABANG UNGARAN DI PERUMAHAN KORPRI GEDANGANAK PERMAI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG


Adi Riyanto, 5101416017 (2021) ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PDAM KABUPATEN SEMARANG CABANG UNGARAN DI PERUMAHAN KORPRI GEDANGANAK PERMAI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PDAM KABUPATEN SEMARANG CABANG UNGARAN DI PERUMAHAN KORPRI GEDANGANAK PERMAI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG] PDF (ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PDAM KABUPATEN SEMARANG CABANG UNGARAN DI PERUMAHAN KORPRI GEDANGANAK PERMAI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah penduduk yang semakin meningkat di Perumahan Korpri Gedanganak Permai, menyebabkan kebutuhan air bersih juga meningkat tiap tahunnya. Layanan air bersih dari PDAM Kabupaten Semarang Cabang Ungaran haruslah memenuhi secara kuantitas, kualitas, kontinuitas, serta aspek teknis lainnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk: (1) mengetahui konsumsi air bersih di Perumahan Korpri Gedanganak Permai tahun 2020, (2) mengetahui total kebutuhan air bersih di Perumahan Korpri Gedanganak Permai tahun 2030, serta (3) untuk mengetahui pendapat masyarakat di Perumahan Korpri Gedanganak Permai terkait pelayanan dari PDAM. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan instrument angket sebagai alat untuk pengambilan data dan penyajian data berupa deskriptif presentase Dari hasil penelitian, didapatkan: (1) konsumsi air bersih di Perumahan Korpri Gedanganak Permai tahun 2020 adalah 171 L/O/H, yang artinya penduduk di Perumahan Korpri Gedanganak Permai termasuk boros dalam penggunaan air, (2) kebutuhan air bersih pada tahun 2030 dengan cakupan pelayanan sebesar 90% adalah 1,12 l/dt atau 181,4 L/O/H, (3) menurut pendapat dari masyarakat, kualitas air layanan hanya memenuhi 41,8% dari standar, kontinuitas air masih kurang dan belum memenuhi kebutuhan minimal pelanggan sebesar 18m³/bulan untuk masing-masing KK dengan jumlah per KK 4 orang, dan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dari PDAM ditinjau dari aspek teknisnya mencapai 94% dari 100% standar dari layanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan penduduk, kebutuhan air bersih, pelayanan PDAM.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:32
Last Modified: 31 Oct 2022 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52371

Actions (login required)

View Item View Item