ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS III SD/MI TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018


Heni Lutfiani, 1401417034 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS III SD/MI TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417034 - Heni Lutfiani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Buku Guru dan Buku Siswa yang diterbitkan pemerintah digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013. Penyusunan Buku Guru dan Buku Siswa harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum 2013. Ketidaksesuaian Buku Guru dan Buku Siswa merupakan bentuk kekurangan dalam penyajian dan penyusunan Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013. Kekurangan dapat diketahui dengan kegiatan analisis secara menyeluruh terhadap Buku Guru dan Buku Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa Kelas III SD/MI Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi teknik, uraian rinci, dan auditing. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) KI dan KD yang terdapat dalam Buku Guru dan Buku Siswa telah sesuai dengan Kurikulum 2013; (2) Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian yang terdapat pada Buku Guru dan Buku Siswa secara keseluruhan penyajian dan penyusunannya telah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu adanya sedikit pengembangan; (3) Kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi yang terdapat dalam Buku Guru dan Buku Siswa telah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu adanya sedikit pengembangan pada aspek kecakupan materi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Buku Guru dan Buku Siswa Kelas III SD/MI tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 memiliki kualitas yang belum sesuai dengan Kurikulum 2013. Disarankan bagi guru sebelum melaksanakan proses kegiatan pembelajaran hendaknya melakukan kegiatan analisis buku terlebih dahulu terhadap buku teks pelajaran yang akan digunakan sebagai pedoman dan sumber untuk menyampaikan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku Guru; Analisis Buku Siswa; Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:48
Last Modified: 31 Oct 2022 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52370

Actions (login required)

View Item View Item