PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS FIKSI SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KULON 02 SEMARANG


Diana Kumala Syarifah, 1401417030 (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS FIKSI SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KULON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417030 - Diana Kumala Syarifah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra-penelitian yang dilakukan di SDN Kalibanteng Kulon 02 Semarang melalui wawancara dan data dokumentasi terdapat permasalahan yang dihadapi pendidik dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas lima yaitu keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan keterampilan menulis tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media buku saku berbantuan flipbook untuk meningkatkan keterampilan menulis teks fiksi kelas V SDN Kalibanteng Kulon 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Borg and Gall diadaptasi dari Sugiyono yang disederhanakan menjadi sembilan langkah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kalibanteng Kulon 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, data dokumen dan angket. Teknik analisi data yang dilakukan yaitu analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Buku saku berbantuan flipbook yang dikembangkan memperoleh persentase kelayakan isi sebesar 75% dengan kriteria layak dan kelayakan media mendapat persentase 95% dengan kriteria sangat layak. Buku berbantuan flipbook dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis teks fiksi, dibuktikan dengan perolehan hasil uji T data pretest dan posttest, menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 5.684 > 2,086 dengan nilai signifikasi 0,000 sehingga 0,000 < 0,050 dan uji peningkatan rata-rata sebesar 0,38 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu Buku saku berbantuan flipbook dikembangkan menggunakan 9 tahapan pengembangan menurut Borg and Gall yang diadaptasi dari Sugiyono. Buku saku berbantuan flipbook layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks fiksi Bahasa Indonesia kelas lima sekolah dasar. Buku saku berbantuan flipbook efektif digunakan untuk pembelajaran menulis teks fiksi. Saran untuk penelitian selanjutnya pengembangan buku saku berbantuan flipbook dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia dengan perbaikan dalam aspek desain, kelengkapan isi dan sumber materi yang valid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku saku, flipbook, menulis teks fiksi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:36
Last Modified: 31 Oct 2022 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52367

Actions (login required)

View Item View Item