PERAN GURU KELAS TERHADAP PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA KELAS V SD ISLAM IMAMA MIJEN KOTA SEMARANG.


Dian Pratiwi, 1401417029 (2021) PERAN GURU KELAS TERHADAP PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA KELAS V SD ISLAM IMAMA MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417029 - Dian Pratiwi v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru, siswa, dan lingkungan yang mempengaruhi dalam membentuk perilaku siswa menjadi lebih baik. Guru menjadi salah satu komponen pendidikan yang memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan interaksi sosial yang dibutuhkan siswa sebagai bekal dalam kehidupan bermasyarakat, terlebih selama pandemi covid-19 dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang sebagian besar interaksi dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam perkembangan interaksi sosial siswa selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan triangulasi waktu Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru terhadap perkembangan interaksi sosial selama pembelajaran jarak jauh sangatlah berpengaruh, peran guru kelas sebagai pembimbing, guru sebagai mediator dan fasilitator, guru sebagai demonstrator, dan guru sebagai evaluator. Perkembangan interaksi sosial siswa kelas V SD Islam Imama dalam pembelajaran jarak jauh dipengaruhi peran guru dalam mengelola pembelajaran di kelas khususnya dalam memilih media dan model pembelajaran. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sangat berpengaruh terhadap perkembangan interaksi sosial dalam pembelajaran jarak jauh siswa kelas V SD Islam Imama Mijen Kota Semarang. Dengan diterapkannya peran guru secara maksimal baik di dalam maupun di luar pembelajaran dapat memberikan dampak positif bagi siswa dalam melakukan interaksi yang meliputi aspek kerja sama, sikap komunikatif, dan solidaritas. Selama diberlakukannya sistem pembelajaran jarak jauh peran guru sangat penting untuk memantau perkembangan siswa agar kemampuan interaksi sosial siswa tetap berkembang. Peran guru dalam hal ini yaitu guru sebagai pembimbing, guru sebagai mediator dan fasilitator, guru sebagai demonstrator, dan guru sebagai evaluator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Interaksi Sosial, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:16
Last Modified: 31 Oct 2022 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52366

Actions (login required)

View Item View Item