KENDALA GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 KEMBANG KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Risaldi Danang Adi Saputro, 3101414015 (2021) KENDALA GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 KEMBANG KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101414015 - Risaldi Danang(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan nasional Indonesia bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam mencapai tujuan pendidikan nasional maka dibutuhkan seorang guru yang inovatif dan mampu menyesuaikan dengan keadaan yang dihadapi. Di Indonesia guru mempunyai peranan sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan nasional . Hal ini dikarenakan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga perlu adanya perubahan pada kurikulum, metode pembelajaran dan inovasi yang terus disesuaikan dngan sitauasi dan kondisi yang tengah berlangsung termasuk dalam kondisi yang saat ini sedang dialami yaitu darurat pandemi covid 19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pemahaman Guru Sejarah dalam Pembelajaran Jarak jauh pada masa pandemi covid 19, 2) Kendala yang dialami oleh guru sejarah dalam pelaksanaan Pembelajaran jarak jauh, 3). Cara yang digunkana guru sejarah dalam mengatasi kendala yang dialami dalam pembelajaran jarak jauh pandemi covid 19 di SMA Negeri 1 Kembang Kabupaten Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus tunggal, dimana menjadikan satu objek penelitian di satu sekolah, namun fokus pada guru sejarah yang tidak tunggal karna terdapat lebih dari satu guru di SMAN 1 Kembang Hasil penelitian menunjukan adanya pandemi covid-19 menjadikan pembelajaran di SMAN 1 Kembang Kabupaten Jepara dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). kendala guru Sejarah dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) meliputi; (1) perbedaan koneksi jaringan, (2) keterbatasan sarana prasarana pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran, (4) kemampuan profesional guru. Serta upaya dalam mengatasi kendala pembelajaran jarak jauh (PJJ) meliputi; (1)menggunkan kouta internet pribadi, (2) pemberian tugas dilakukan secara langsung, (3) berdiskusi dengan guru lain dalam penilaian, (4) peningkatan kemampuan profesional guru dalam penggunaan media dan teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru Sejarah, Kendala, Pembelajaran Jarak jauh (PJJ), Pandemi Covid-19
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:18
Last Modified: 31 Oct 2022 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52365

Actions (login required)

View Item View Item