ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA EDISI REVISI 2017 DENGAN KURIKULUM 2013


Aulia Parda, 1401417024 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA EDISI REVISI 2017 DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417024 - aulia parda v.pdf] PDF - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah menerbitkan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai pedoman dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Oleh sebab itu, Buku Guru dan Buku Siswa harus sesuai dengan Kurikulum 2013. Ketidaksesuaian buku pedoman merupakan bentuk kekurangan Kurikulum 2013. Kekurangan tersebut dapat diketahui melalui kegiatan analisis. Berdasarkan wawancara dengan Guru Kelas V SDN Kutamendala 02 diketahui bahwa, diperoleh informasi bahwa guru tidak menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa secara menyeluruh. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah terdapat kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsi dan menganalisis kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa kelas V sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah tema Organ Gerak Hewan dan Manusia edisi revisi tahun 2017 dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KI dan KD dalam Buku Guru dan Buku Siswa masih perlu disesuaikan dengan Kurikulum 2013, pada pemetaan KD memerlukan perbaikan. Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa masih perlu disesuaikan dengan Kurikulum 2013, pada tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian memerlukan perbaikan. Kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa masih perlu disesuaikan dengan Kurikulum 2013, pada aspek kesesuaian materi dan kecakupan materi memerlukan perbaikan. Saran yang diberikan yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan analisis pada buku yang akan digunakan dalam pembelajaran, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus lebih cermat, baik saat membuat maupun melakukan perbaikan buku panduan seperti Buku Guru dan Buku Siswa pada Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku Guru; Analisis Buku Siswa; dan Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:10
Last Modified: 31 Oct 2022 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52364

Actions (login required)

View Item View Item