PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELECTRONIC FLIPBOOK BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA DAN PENGARUHNYA KELAS VA SDN 03 KEMBANG TANJUNG KABUPATEN LAMPUNG UTARA


Syifa Nabila Ya Sonang, 1401417022 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELECTRONIC FLIPBOOK BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA DAN PENGARUHNYA KELAS VA SDN 03 KEMBANG TANJUNG KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417022 - Syifa Nabila Ya Sonang v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan, pada muatan pelajaran IPS data hasil belajar siswa kelas VA SDN 03 Kembang Tanjung Kabupaten Lampung Utara masih rendah karena sumber belajar yang digunakan oleh guru belum bervariasi, guru hanya menggunakan Buku Tema Paket dari Kementerian tanpa ada sumber pendukung lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar electronic flipbook berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas VA SDN 03 Kembang Tanjung, menguji kelayakan bahan ajar electronic flipbook berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas VA SDN 03 Kembang Tanjung, dan menguji keefektifan bahan ajar electronic flipbook berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas VA SDN 03 Kembang Tanjung. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar electronic flipbook berbasis audio visual berhasil dikembangakan dengan analisis data produk, sangat layak digunakan, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa, yang dinyatakan dari penilaian ahli media dengan persentase 100%, dan ahli materi 98,43%. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 yang dinyatakan bahwa Ha diterima, dengan diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 0,343 yang termasuk kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar electronic flipbook berbasis audiovisual layak dan efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia dan pengaruhnya. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan bahan ajar electronic flipbook berbasis audio visual pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam bahan ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar: electronic flipbook; hasil belajar; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:56
Last Modified: 31 Oct 2022 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52363

Actions (login required)

View Item View Item