ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (EDISI REVISI 2016) DENGAN KURIKULUM 2013


Dian Fatmawati, 1401417020 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (EDISI REVISI 2016) DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417020 - Dian Fatmawati v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah menerbitkan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai pedoman dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Buku Guru dan Buku Siswa harus sesuai dengan Kurikulum 2013. Terdapat kesesuaian maupun ketidaksesuaian pada Buku Guru dan Buku siswa dengan Kurikulum 2013. Cara untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan kegiatan analisis buku. Berdasarkan pengalaman penulis, buku yang dikelurkan oleh pemerintah sebagian besar terdapat kesesuian maupun ketidaksesuian dengan Kurikulum 2013. Kesesuaian dan ketidaksesuian pada Buku Guru dan Buku Siswa diantaranya pemetaan KD pembelajaran sebagian besar sudah tepat walaupun sebagian kecil masih kurang tepat, dan rumusan tujuan pembelajaran ada yang lengkap dan tidak lengkap. Pertanyaan penelitian ini yaitu “Bagaimana kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan kesesuaian materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan kesesuaian materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa kelas IV sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah tema Indahnya Kebersamaan edisi revisi tahun 2016 dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi teknik, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KI dan KD dalam Buku Guru dan Buku Siswa sebagian besar sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan pada pemetaan KD setiap muatan mata pelajaran. Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan pada aspek kelengkapan unsur ABCD, kegiatan pembukaan, inti, maupun penutup pembelajaran, serta kelengkapan penilaian aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Sedangkan, kesesuaian materi yang hanya dianalisis keluasan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa sebagian besar sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun memerlukan perbaikan pada aspek jenis materi yang berkaitan dengan konsep, definisi, prinsip, prosedur, contoh-contoh, dan fakta. Saran yang penulis berikan yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan analisis pada buku yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian, Buku Guru, Buku Siswa, Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:47
Last Modified: 31 Oct 2022 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52361

Actions (login required)

View Item View Item