PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT PADA MUPEL IPS KELAS IV SDN TAMBIREJO KABUPATEN DEMAK


Nafila Mufida, 1401417009 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT PADA MUPEL IPS KELAS IV SDN TAMBIREJO KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417009 - Nafila Mufida v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Tambirejo. Permasalahan tersebut berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang belum optimal, model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran belum inovatif, dan hasil belajar IPS masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan model pembelajaran NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan model pembelajaran NHT. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model dari Borg and Gall. Langkah-langkah dalam melakukan pengembangan ini yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Sample penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tambirejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan model pembelajaran NHT berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 91,6% (Sangat Layak), hasil persentase penilaian oleh ahli media sebesar 100% (Sangat Layak), dan persentase hasil penilaian oleh ahli praktisi sebesar 100% (Sangat Layak). Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 4,843 dan ttabel sebesar 2,079 maka thitung > ttabel maka Ha diterima dengan peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,41 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan model NHT berhasil dikembangkan, layak untuk digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Saran pada penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dapat menjadi salah satu media yang diterapkan dalam pembelajaran IPS pada materi kegiatan ekonomi maupun untuk muatan pelajaran lain dengan lebih menarik dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPS; Media pembelajaran Berbasis Macromedia Flash
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:49
Last Modified: 31 Oct 2022 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52359

Actions (login required)

View Item View Item