MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA KURSUS TOEFL CAMP DI LEMBAGA ELFAST KAMPUNG INGGRIS-PARE KABUPATEN KEDIRI


Tri Joko Raharjo, - MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA KURSUS TOEFL CAMP DI LEMBAGA ELFAST KAMPUNG INGGRIS-PARE KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Cendikiawan Ilmiah PLS.

[thumbnail of 42. Manajemen Pembelajaran Pada Kursus Toefl Camp di Lembaga Elfast Kampung Inggris-Pare Kabupaten Kediri - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran kursus TOEFL camp di Lembaga Elfast. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaiu 1 pengelola, 6 tutor dan 5 peserta kursus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interakti miles-huberman. Hasil penelitian menunjukkan 1) perencanaan pembelajaran tidak disusun terstruktur dan sistematis. Tutor menyusun materi dan jadwal, memilih media, metode sesuai materi, kondisi peserta, dan kemampuan tutor, 2) pelaksanaan pembelajaran di kelas dan camp meliputi kegiatan pembuka, inti dan penutup, dengan ceramah, diskusi, game, punishment, reward. Tutor memberi bimbingan dan tindak lanjut, 3) evaluasi pembelajaran dengan tes melalui 13 kali penskoran 4) faktor pendukung pembelajaran yaitu tutor berpengalaman, lingkungan belajar, sistem scanning untuk penskoran. Faktor penghambat meliputi perbedaan kemampuan dasar bahasa Inggris peserta, jadwal mengajar tutor camp terlalu padat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, kursus TOEFL camp
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Oct 2022 04:54
Last Modified: 28 Oct 2022 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52357

Actions (login required)

View Item View Item