PERAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN KORONKA BAWEN KABUPATEN SEMARANG


Tri Joko Raharjo, - PERAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN KORONKA BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Cendikiawan Ilmiah PLS.

[thumbnail of 41. Peran Pendidik dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Koronka Bawen Kabupaten Semarang - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (462kB)

Abstract

Mengembangkan kreativitas di kelas merupakan faktor utama yang penting. Pendidik yang mengerti kreativitas dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kreativitas. Pendidik yang melatih serta mengajarkan kreativitas haruslah pendidik yang mempunyai jiwa kreatif. Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana peran pendidik dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia dini di Kelompok Bermain Koronka, bagaimana faktor pendukung pengembangan kreativitas seni anak usia dini di Kelompok Bermain Koronka, serta bagaimana faktor penghambat pengembangan kreativitas seni anak usia dini di Kelompok Bermain Koronka. pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan metode. Analisis data dimulai dari pengumpulan data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah peran pendidik meliputi mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didiknya mengenai kreativitas seni. Pendidik yang kreatif sangat berpengaruh terhadap peserta didiknya. Selain itu, faktor yang mendukung kreativitas seni berasal dari dukungan orang tua serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor yang menghambat kreativitas seni terletak pada pendidik atau orang tua yang mematahkan ide yang dikemukakan anak, persaingan antar anak, pembatasan terhadap rasa ingin tahu anak, pendidik yang banyak melarang anak, serta pola asuh orang tua yang terlalu mengawasi anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran Pendidik, Kreativitas Seni, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Oct 2022 04:51
Last Modified: 28 Oct 2022 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52356

Actions (login required)

View Item View Item