ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS II SD/MI TEMA TUGASKU SEHARI-HARI(EDISI REVISI 2017) KURIKULUM 2013


Ika Wahyu Priratmaningtyas, 1401417007 (2021) ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS II SD/MI TEMA TUGASKU SEHARI-HARI(EDISI REVISI 2017) KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417007 - Ika Wahyu Priratmaningtyas.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Buku teks merupakan bahan ajar yang utama digunakan dalam proses pembelajaran di jenjang pendidikan SD/MI. Salah satunya adalah bahan ajar buku teks Tematik kelas II terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menunjang tercapainya Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang harus peserta didik miliki. Buku yang digunakan peserta didik wajib layak digunakan, khususnya kelayakan isi buku, supaya dapat mencapai tuntutan KI dan KD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi dari bahan ajar buku teks Tematik di Kelas II SD/MI terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang meliputi kesesuaian materi dengan KI dan KD, keakuratan materi, dan kesesuaian materi pendukung pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis penelitian ini ialah analisis isi atau content analysis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan instrumen pengumpulan data. Objek pada penelitian ini adalah kelayakan isi berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), sedangkan subjeknya berupa bahan ajar buku teks siswa kelas II SD/MI tema Tugasku Sehari-hari terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil penelitian analisis kelayakan isi berdasarkan Badan Standar Nasional dan pendidikan (BSNP) menunjukkan bahwa Buku Teks Siswa Kelas II SD/MI tema Tugasku Sehari-hari memeperoleh skor 88%, dengan kualifikasi Sangat Layak. Adapun skor tiap komponen kelayakan isi buku, yaitu meliputi Kesesuaian Uraian Materi dengan KI dan KD diperoleh skor 86%, Keakuratan Materi diperoleh skor 91%, dan Kesesuaian Materi Pendukung Pembelajaran diperoleh persentase skor 97%. Berdasarkan hasil analisis penulis, saran yang diberikan yaitu guru hendaknya lebih teliti dalam memilih buku ajar yang digunakan untuk pembelajaran. Bagi penulis/penerbit/penyusun buku, hendaknya penyusun atau penulis buku supaya memperhatikan kualitas dan isi bahan ajar baik itu kelengkapan, keluasan dan kedalaman materinya, serta mengacu pada kompetensi Inti sesuai standar isi yang terbarukan. Bagi peneliti lain, perlunya dilakukan penelitian lanjutan karena tentunya akan muncul permasalahan baru dan berbeda dari kajian pada penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini hanya terbatas pada satu tema, sehingga diharapkan ada penelitian lanjutan dengan fokus penelitian yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Akbar, R. (2016). An Analysis of Selected Eleventh Grade English Textbooks. Journal of English Education, 4(1):109. https://media.neliti.com/media/ publications/192500-EN-none-pdf (diunduh 20 Desember 2020). Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Amelia, D,. J. & Saputra, S,. Y. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Jurnal pedagogia, 6(1):98-109. (diunduh 2 September 2021). Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya. Anshory, I., Saputra, S.Y., & Amelia, D.J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1): 35. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop (diunduh 10 Januari 2021). Astiningtyas, A. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1): 60. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/5340 (diunduh 12 Januari 2021). Astuti, H.P. & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-nilai Karakter pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV Semester I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2): 226. https://journal.uny.ac.id/ (diunduh 2 September 2021). Asy‟ari, M. 2017. “Analisis Buku Ajar Tematik Siswa Kelas I Sekolah Dasar Pada Tema 5 (Pengalamanku)”. Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Dharma, Y.P. & Aristo, T.J.V. (2018). An Analysis of English Textbook Relevance to The 2013 English Curriculum. Journal of English Educational Study, 1(1): 24. http://jurnal.stkippersada.ac.id/ (diunduh 2 September 2021). 139 Ernawati, Y. (2018). Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV SD Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11 (2): 109. http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi (diunduh 11 Januari 2021). Fatima, G., Shah, S.K., & Sultan, H. (2015). Textbook Analysis And Evaluation Of 7th & 8th Grade In Pakistani Context. International Journal of English Language Teaching, 3(4):79 https://www.eajournals.org/ (diunduh 11 Januari 2021). Fitriani, N. & Saefuloh, H. (2018). Analisis Bahan Ajar Buku Siswa Bahasa Arab untuk Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (Pendekatan Saintifik 2013). Jurnal El�Ibtikar, 7(2): 136. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ (diunduh 2 September 2021). Hamzah, A. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Batu: Literasi Nusantara. Humairoh, Z., Nurchasanah, & Mudiono, A. (2016). Keterbacaan Buku Teks Kelas IV dan V SD dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2): 165. http://journal.um.ac.id (diunduh 10 Januari 2021). Ilma, S. & Wijarini, F. (2017). Developing of Environmental Education Textbook Based on Local Potencies. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3): 194. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4540. (diunduh 25 Dsember 2020). Irsyada, R. (2016). Analisis Isi dan Kelayakan Penyajian Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(2): 121. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs (diunduh 12 Januari 2021). Isgandi, Y. & Prasodjo, P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter dan Jiwa Nasionalis. Indonesian Journal of Islamic Education, 5(2): 97. https://ejournal.upi.edu/index.php/ (diunduh 10 Januari 2021). Junanto, T. 2018. “Analisis Kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas IV SD/MI Tema 3 Peduli Terhadap Mahluk Hidup”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/63307/10/Naskah%2520 (diunduh 10 Januari 2021). Komalasari, K. & Saripudin, D. (2018). The Influence of Living Values Education-Based Civic Education Textbook on Student‟s Character Formation. International Journal of Instruction, 11(1): 395. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11127a. (diunduh 10 Januari 2021). Komalasari, K. 2017. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama. Lesmoyo, Y. A. S. (2019). “Nalisis Kelayakan Buku Ajar Siswa Kelas VI SD yang Ditulis Nesti Rahmawati Trisnanda dan Diterbitkan CV Hasan Pratama Berdasarkan Kurikulum 2013”. Jurnal Waspada FKIP UNDARIS. file:///C:/Users/Tyas/AppData/Local/Temp/91-165-1-SM.pdf (diunduh 2 September 2021). Listriani. 2020. “Analisis Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas II Semester 1 Tema Bermain di Lingkunganku”. Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Majid, A. 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Martatik. (2018). Analisis Buku Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Kelas I. Jurnal Diklat Teknis, 6(1): 104. https://www.neliti.com/id/publications/ (diunduh 10 Januari 2020). Masrupi, Baihaqi, A., & Hakim, M. (2020). The Feasibility of English Textbook for Vocational School. Journal English Language Teaching and Cultural Studie, 3(2): 54. https://jurnal.untirta.ac.id (diunduh 14 Januari 2021). Moleong, L.J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Mumpuni, A. & Masruri, M.S. (2016). Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1): 17. https://journal.uny.ac.id (diunduh 10 Januari 2021). Munib, A., Budiyono., & Suryana, S. 2016. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS. Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya. Muslich, M. 2020. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media. Ningtyas, E.P. 2019. “Kelayakan Isi Buku Siswa Kelas V SD/MI Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kurikulum 2013 Terbitan Tahun 2017”. 141 Skripsi. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Ningtyas, E.P. 2019. “Kelayakan Isi Buku Siswa Kelas V SD/MI Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kurikulum 2013 Terbitan Tahun 2017”. Skripsi. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Nova & Wibowo, E. W. (2018). Analisisis Kesesuaian Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ibtida‟i, 5(1): 29. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ibtidai/article/view/ (diunduh 17 Desember 2020). Nugraha, A. W. “Analisis Kelayaan Buku Ajar Siswa SD Kelas V Tema Ekosistem dan Lingkungan Sahabat Kita Ditinjau dari Aspek Science Literacy”. Skripsi. Tulungagung: Program Studi PGSD STKIP PGRI Tulungagung. Parwati, S.A.P.E. (2020). Kelayakan Buku Pelajaran Muatan Lokal bagi Siswa Kelas Atas di SD Negeri Denpasar. Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 119-135. file:///C:/Users/Tyas/AppData/Local/Temp/2443- 8369-2-PB.pdf (diunduh 2 September 2021). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku.http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permendiknas2-2008Buku.pdf (diunduh 21 Desember 2020). Peraturan Pemerintan Rebuplik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Diunduh dari https://www.unm.ac.id/files/surat/pp�19-tahun-2005-ttg-snp.pdf. (diakses 21 Desember 2020). Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif:Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press Purnanto, A.W. & Mustadi, A. (2016). Analisis Kelayakan Bahasa dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3, (2): 102. https://journals.ums.ac.id (diunduh 10 Januari 2021). Rahmawati, F. P. & Rusdiyanti, E. 2020. Analisis Kelayakan Buku Penilaian (Bupena) di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 7(1): 77-92. (diunduh 2 September 2021). Rizkianto, I. & Santosa, R.H. (2017). Analisis Buku Matematika Siswa SMP Kurikulum 2013. Jurnal“Mosharafa”, 6(2): 229. http://e-mosharafa.org/ (diunduh 12 Januari 2021). Ruminiati & Andajani, K. (2016). Analisis Kesesuaian Isi Buku Tematik Kelas IV Sekolah Dasar dengan Pendidikan Karakter,dan Pendekatan Scientific. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 25(1): 27. http://journal2.um.ac.id/ (diunduh 2 Sepetember 2021). Saraswati, N. P. R., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2016). Analisis Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Desain Pesan Pembelajaran Kelas IV Sekolah Dasar. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/ (diunduh 2 Sepetember 2021). Satori, D. & Komariah, A. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: C.V Alfabeta. Satriyani, F.Y. (2017). Pengembangan Buku Guru dan Siswa Berbasis Multiple, Intelligences, Joyful Learning, dan Keunggulan Lokal pada Kelas IV Tema Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1):1. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/219 (diunduh 10 Januari 2021). Setijowati, U. (2015). Pengembangan Kurikulum SD: Aplikasi KTSP dan Kurikulum 2013 dalam Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: K�Media. Setyansah, R.K. & Apriandi, D. (2018). Development Of Textbook Based On E�Learning „Matlab Simulation‟ In Numerical Analysis. Journal of Physics: Conference Series. https://iopscience.iop.org (diunduh 12 Januari 2021). Siagian, B. A. 2016. Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Suluh Pendidikan, 3(1): 77-87. (diunduh 2 September 2021). Sitepu, B.P. 2015. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sudijono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada 1996. Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Yogyakarta: Alfabeta. Sulistyani, N. & Deviana, T. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD di Kota Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(2): 133. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd (diunduh 10 Januari 2021). Sumanto. 2006. Pengembangan Kreatifitas Seni Rupa Anak SD. Jakarta: DirjenDikti Suparno, A. Suhaenah. 2000. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi departemen Pendidikan Nasional. Susanto, H. 2018. “Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Berdasarkan Empat Kompetensi dalam Kurikulum 2013”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Trianingsih, R. (2016). Analisis Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat. Jurnal Ar-Risalah, 17(1): 25. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/ (diunduh 10 Desember 2020). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/(diunduh 20 Desember 2020). Wang, M. & Goodman, D. (2013). The Design and Practice of an English Textbook for Restaurant. English for Specific Purposes World, 38(14): 1. http://www.esp-world.info (diunduh 12 Januari 2021). Widodo, A., Indraswati, D., Radiusman, Umar, & Nursaptini. (2019). Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “Panas dan Perpindahannya” Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(1): 1. http://ejournal.uin�malang.ac.id/index.php/madrasah/index (diunduh 10 Januari 2021).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:52
Last Modified: 28 Oct 2022 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52352

Actions (login required)

View Item View Item