FAMILY DEVELOPMENT SESSION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN HIDUP MASYARAKAT MISKIN


Tri Joko Raharjo, - FAMILY DEVELOPMENT SESSION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN HIDUP MASYARAKAT MISKIN. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.

[thumbnail of 27. Family Development Session Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Hidup Masyarakat Miskin - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (275kB)

Abstract

Family Development Session merupakan solusi dari permasalahan kemiskinan dalam upaya pemutus rantai kemiskinan. Rendahnya tingkat pendidikan, banykanya permasalahan stunting dalam bidang kesehatan, dan kondisi perekonomian masyarakat sekitar yang tidak dapat memenuhi kebutuhan menjadi faktor pentingnya kegiatan FDS di Desa Jagalempeni. Tujuan penelitian ini adalah: (1).Menganalisis dan menggambarkan strategi kegiatan FDS sebagai salah satu pemberdayaan masyarakat. (2). Menganalisis hasil capaian kegiatan FDS masyarakat Desa Jagalempeni. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Dengan mengambil sampel 35 peserta FDS dan 10 informan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi FDS berjalan dengan baik dan hasil dari kegiatan FDS mampu meningkatkan keterampilan hidup masyarakat miskin melalui keaktifan peserta dalam mengakses layanan pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi dari ewaroeng bersama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Family Development Session, Keterampilan Hidup
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:33
Last Modified: 27 Oct 2022 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52335

Actions (login required)

View Item View Item