KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD AND PUZZLE ELEKTRONIK PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 5 KARANGJATI BLORA
Diah Retno Pitaloka, 1401417003 (2021) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD AND PUZZLE ELEKTRONIK PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 5 KARANGJATI BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran di kelas IV SDN 5 Karangjati khususnya pada muatan pelajaran IPA. Sehingga peneliti mengembangkan media yang belum pernah digunakan dikelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media, kelayakan media, dan keefektifan media crossword and puzzle elektronik Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, mengkaji kelayakan, dan mengkaji keefektifan media pembelajaran IPA Crossword and Puzzle Elektronik kelas IV SDN 5 Karangjati Blora untuk meningkatkan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA kelas IV SDN 5 Karangjati Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D) dengan menggunakan model dari Borg and Gall yang diadaptasi oleh sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian . Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Karangjati Blora. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan validasi kelayakan produk, angket tanggapan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memuat materi yang menananmkan pemahaman konsep pada materi energi alternatif. Media pembelajaran IPA layak digunakan terbukti dari penilaian ahli media sebesar 100%, ahli materi sebesar 83%, dan praktisi didapatkan persentase sebesar 87%. Dengan rata-rata skor yang diperoleh ahli adalah 90% kategori sangat layak. Hasil persentase angket tanggapan guru 98% kategori sangat baik dan angket tanggapan siswa sebesar 93% kategori sangat baik. Sedangkan pada uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 10,850 dan ttabel sebesar 2,015 t hitung > t tabel (10,850 > 2,015) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media. Hasil uji N-gain rata-rata selisih hasil pretest dan posttest adalah 20,91 dan N-gain sebesar 0,5647 yang termasuk dalam kategori sedang. Sehingga menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil yang diperoleh sesudah menggunakan media. Berdasarkan hasil penelitian yang dikembangkan peneliti media Crossword and Puzzle Elektronik berhasil dikembangkan, layak digunakan dalam menunjang proses pembelajaran dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi energi alternatif kelas IV SDN 5 Karangjati Blora. Saran dari peneliti yaitu media crossword and puzzle elektronik dapat dikembangkan guru dalam pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Afifah, L. N., Rukaya, R., & Adi, F. P. (2018). Penerapan Crossword untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Uang pada Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 57–62. Afify, M. K. (2018). E-learning Content Design Standards Based on Interactive Digital Concepts Maps in the Light of Meaningful and Constructivist Learning Theory. JOTSE : Jurnal of Technology and Science Education, 8(1), 5–16. Alkasasbeh, A. A., & Ghinea, G. (2020). Using olfactory media cues in e-learning – perspectives from an empirical investigation. Multimedia Tools and Applications, 79(27–28), 19265–19287. Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2). Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100 Ayu, I. G., & Agustiana, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. Azimi, Rusilowati, A., & sulhadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar Azimi. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 145–157. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Bahtiar, A., & Sulistyowati, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Digital Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep Pemasaran Online Kelas Xi Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3), 618–624. Billingsley, B., & Nassaji, M. (2019). Exploring Secondary School Students’ Stances on the Predictive and Explanatory Power of Science. Science and Education, 28(1–2), 87–107. Billingsley, B., & Nassaji, M. (2021). Secondary School Students’ Reasoning About Science and Personhood. Science and Education, 30(4), 967–991. Cahyadi, F., & Hernita, M. I. (2016). Peningkatan Keaktifan Dan Kemampuan Berhitung Melalui Media Puzzle Pada Anak. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 92–105. Chen, M., Wang, S., Chen, Y., Chen, X., & Lin, Y. (2020). A Preliminary Study of the Influence of Game Types on the Learning Interests of Primary School Students in Digital Games. Education Sciences. Cheng, Y., & Weng, C. (2017). Factors influence the digital media teaching of primary school teachers in a flipped class : A Taiwan case study. South African Journal of Education, 37(1), 1–12. Derlina, Dale, J., Hadi, S., Mutalib, A. A., & Sumantri, C. (2018). Signaling Principles In Interactive Learning Media Through Expert ’ S Walkthrough. TOJDE Turkish Online Journal of Distance Education, 19(4), 147–162. Fadila, S. N., Nita, C. I. R., & Yasa, A. D. (2020). Pengembangan Media E�Puzzle Kenampakan Alam Pada Siswa Kelas IV SDN Tambakasri 3. Prosding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 205–210. Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Silviana. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 176–185. Fakhrudin, A., Yamtinah, S., & Riyadi. (2017). Implementation Of Augmented Reality Technology In Natural Sciences Learning Of Elementary School To Optimize The Students’ Learning Result. International Online Journal of Primary Education, 6(2), 30–38. Fatimah, S. (2017). Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis kelamin, dan Latar belakang Sekolah Mahasiswa Calon guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 57–70. Faturohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar�Ruzz Media. Fernando, S. Y. J. N., & Marikar, F. M. M. T. (2017). Constructivist Teaching / Learning Theory and Participatory Teaching Methods. Journal of Curriculum and Teaching, 6(1), 110–122. Fitrianti, & U.S, S. (2021). Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Hasil Belajar Kognitif. Sosial Sccience, Humanities and Educational Jurnal (SHE Journal), 2(1), 38–46. Fuadatus, S. A., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match Pada Pembelajaran Tematik Kelas 2 Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 36–47. Hamzah, D. A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Developmen) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: Literasi Nusantara. Hanafiyah, & Supardi. (2016). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Tentang Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 3(2), 139. Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). Hidayat, & Hayat, M. N. (2020). Rancang Bangun Puzzle al-Quran Elektronik Mengunakan Mikrokontroler dan Modul Suara DFR0299. Jurnal Politeknik Caltex Riau, 6(1), 25–36. Hidayati, E. W. (2018). Penggunaan Media Puzzle Konstruksi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SDN Kemangsen II Krian. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(1), 61–88. Husna, N., Sari, S. A., & Halim, A. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 66–71. Indriyanti, L., Gani, A. A., & Muhardini, S. (2020) Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDN 38 Mataram. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2) 108-118. Jumiati. (2016). IPA dan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi (Telaah Buku Siswa MI/SD Kelas VI Tema 1, Karya Afriki, dkk). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 17–26. Kesuma, A. T., Harun, Putranta, H., Mailool, J., & Kistoro, H. C. A. (2020). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 9(4), 1689–1700. Khatimah, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Puzzle Pada Kelompok B Tk Tunas Harapan. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 1(1), 20–26. Lacković, N. (2020). Thinking with Digital Images in the Post-Truth Era: A Method in Critical Media Literacy. Postdigital Science and Education, 2(2), 442–462. Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama. Makransky, G., & Petersen, G. B. (2021). The Cognitive Affective Model of Immersive Learning (CAMIL): a Theoretical Research-Based Model of Learning in Immersive Virtual Reality. Educational Psychology Review. Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Terbimbing. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1). Nguyen, K. A., Borrego, M., Finelli, C. J., Demonbrun, M., Crockett, C., Tharayil, S., Shekhar, P., Waters, C., & Rosenberg, R. (2021). Instructor strategies to aid implementation of active learning : a systematic literature review. International Journal of STEM Education, 7. Nofendra, N. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Menggunakan Model Jaring Makanan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 259–270. Nuanmeesri, S. (2018). The Development of the Virtual Learning Media of the Sacred Object Artwork. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 197–209. Nurjanah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (Tts) pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Kelas IV di MI Al Busyro. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 31–42. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prisnip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja karya. Putra, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI. Primary Education Journal (PEJ), 1(1), 17–23. Rahayu, K. W. (2020). Cooperative Learning Berbantuan Media Teka-Teki Silang Edukasi untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar PKn. Paedagogie, 15(1), 21–28. Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme Dan Pembelajaran Matematika. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 2(2). Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press. Sarti. (2018). Penerapan Model Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV SDN 097 Rompu Luwu Utara. Schneider, S., Beege, M., Nebel, S., Schnaubert, L., & Rey, G. D. (2021). The Cognitive-Affective-Social Theory of Learning in digital Environments (CASTLE). Educational Psychology Review. Shawa, L. B. (2020). Advancing the Scholarship of Teaching and Learning using Learning Theories and Reflectivity. 10, 191–208. Simanjuntak, R. (2018). Mengenal Teori-Teori Belajar. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 7(1), 47–60. Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8–15. Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT.TARSITO. Sugiarti, I. S., & Putri, D. P. (2020). Pengembangan Media Puzzle pada materi suhu dan kalor IPA SD. Jurnal Pesona Dasar, 8(2). Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Susantini, E., Puspitawati, R. P., & Suaidah, H. L. (2021). E-book of metacognitive learning strategies : design and implementation to activate student ’ s self-regulation. Research and Practice in Technology Enhance Learning, 16(13), 2–17. Susanto, A. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakara: Prenadamedia Group. Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 1–26. Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Pasal 31 ayat 3 tahun 1945. Yunita Lestari, N. S. S. (2018). Development of Crossword puzzles as Teaching Tools in Explanatory Texts Learning. Elementary School Teacher, 2(2). Wahono, B., Lin, P., & Chang, C. (2020). Evidence of STEM enactment effectiveness in Asian student learning outcomes. International Journal of STEM Education, 1, 1–18. Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72. Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. (JPI) Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 147–157. Widiastuti, E., & Sagoro, E. M. (2017). Pengembangan Crossword Puzzle Accounting (CPA) Berbasis Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 15(1), 40–53. Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 154–160. Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 7(1), 66–74. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 04:17 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 04:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52330 |
Actions (login required)
View Item |