PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS LITERASI SAINS MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 JOHO BANJARNEGARA


Irma Novtiana, 1401417001 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS LITERASI SAINS MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 JOHO BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417001 - Irma Novtiana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas V SDN 1 Joho Banjarnegara khusunya pada mata pelajaran IPA yang kurang optimal dikarenakan terbatasnya bahan ajar yang dapat mendukung siswa dalam memperoleh materi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan desain, kelayakan dan keefektifan bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar, menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains pembelajaran IPA kelas V SDN 1 Joho Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangn Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan tahapan penelitian terdiri atas potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Uji coba produk dilakukan di kelas V SDN 2 Binorong yang berjumlah 9 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dan uji coba pemakaian di kelas V SDN 1 Joho yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 86,36%, penilaian ahli media sebesar 100%, penilaian dari guru sebesar 100%, dan penilaian dari siswa sebesar 100% dengan keseluruhan penilaian memperoleh kriteria sangat layak tanpa revisi. Bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains efektif berdasarkan analisis hasil pretest dan posttest. Hasil uji T menunjukkan bahwa t hitung sebesar 15,657 dan t tabel sebesar 2,004. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji N-gain pretest dan posttest memiliki selisih rata-rata 19,53 dan nilai N-gain 0,502 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Joho Banjarnegara. Saran peneliti sebaiknya bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains digunakan sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran sehingga diperoleh hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Afwan, B, Suryani, N & Ardianto, D, T. (2020). The Development of Digital Flipbook Media based on the 5 Hours Battle of Kalianda Upon High School History Materials. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1003-1012 Amanullah, M.A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 37-44 Anandari, Q.S., Kurniawati, E.F., Piyana, S.O., Melinda, L.G., Meidinawati, R., & Fajar, M.R. (2019). Development of Electronic Module: Student Learning Motivation Using the Application of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft. Jurnal Pendagogik, 6(2), 416-436 Andani, D.T., & Yulian. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA & Pengembangan IPA, 2(1), 1-6. Aperta, M., & Amini, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusui, 5(1), 1025-1032 Aprilia, Tika. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10-21 Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Asri. Y., &Fitriani. Y. (2017). Flash Flip Bosusok Applications to Measure the Level of Nationalism with Quasi Experiment on Primey School Students. In AIP Conference Proceedings, ( Vol. 1867, No. 1, p. 020062), AIP Publishing LLC Azimi, A., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 145-157 Budiningsih, C. Asri. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta Gusman, F., Apriliya, S., & Mulyadiprana, A. 2021. Bahan Ajar Digital Menulis Puisi Berbasis Flipbook di Sekolah Dasar. Indonesian Joournal of Primary Education, 5(7), 70-81 Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Hamid,A., & Alberida, H. 2021. Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911-918 Harahap, S. H. (2020). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(2), 82-88 Hidayatullah, M.S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker pada Mata Pelajaran Elektronik Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1) Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2017). Pengembangan Bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47-65. Kumala, Farida Nur. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Penerbit Ediide Infografika Lawe, Y.U., Dopo, T., & Kaka. P. W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Budaya Lokal Ngada untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 135-145 Majid, Abdul. (2017). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Muhlas, M., & Kuntjoro, S. (2019). Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 269-301 Mulyadi, D.U., & Wahyuni, S. (2016). Pengembagan Media Flash Fliobook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301 Mulyaningsih, N.N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32 Musafanah, H. J. S. Q. (2017). Pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Berupa E-Book Pada Materi IPA. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke SD-an Nashir, B.M., & Winarsih, W. (2020). Development E-Book of Flipbook Type on Environment Change Material to Train Science Literacy Grade X High School. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 553-559 Nisa, Nurul Khairun. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbasis Mind Mapping Sebagai Sumber Belajar Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 04 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang Noviyantu, W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flipbook Maker pada Materi Program Linier Kelas X SMK. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 41-49 Nugraha, A. B., Ramlis, T. R, & Purwanto, P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Web Fisika SMP Berorientasu Literasi Sains pada Materi Kalor. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1) Nur Kumala, Farida. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Penerbit Ediide Infografika OECD. (2019). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. www.oecd.org<publication.pdf (diunduh 5 januari 2021) Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-Modul Berbantuan Kvsoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2015 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah 121 PISA. (2003). Learning For Tomorrow’s World. OECD Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press Pujowati, M., Bungkang, Y., & Lumbu, A. (2020). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Literasi Sains pada Materi Tekanan Zat. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(3), 124-129 Purwanto, A. (2019). Pengmbangan Media Interaktif Menggunakan Flipbook Maker Pro dan Kemampuan Berfikir Kritis terhadap Hasil Belajar Materi IPA Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas 5 pada Kurikulum 2013. Proceedings-Open Journal, 1.(01), 45-49 Purwanto,Ngalim.(2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Putri., I.P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Penunjang Para Pahlawan di Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 523-530) Ridwanulloh, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pesawat Sederhana, (Doctoral Dissertation Universitas Indonesia) Rifa’I, Achmad & Cathrina Tri A. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS Rini, D.R., Ratnawati, I., & Wulandari , R.T. (2021). The Development of a Flip Book as an Online Learning Media, KnE Social Sciences, 263-270 Riwu, 1.U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K.D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56-64 Roemintoyo, R., & Budiarto, M. K. (2021). Flipbook as Innovation of Digital Learning Media: Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning. Journal of Education Technology, 5(1) Ruslinawati, R., & Gusti Nana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Berbantuan Pendekatan CTL pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 190-201 Sapriati, Amalia, dkk. (2019). Materi Pokok Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: PT Alpha Aksara Seso, M.A., Laksana, D. N. L., & Dua, K. (2018).Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(4), 177-185 Setiawan, A.R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51-59 Setiawan, B., dkk. (2017). The Development of Local Wisdom- Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1) Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Sudjana, Nana, & Ahmad, Rivai. (2013). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Sudjana, Nana. (2014). Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Suryani, N., & Ardianto, D.T. (2020). Digital Flipbook Empowerment as a Development Means for History Learning Media. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 266-275 Susanti, P. D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa V sdn Purwasari III Kabupaten Karawang. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadabahan ajar Group Syam, A, A, A, & Danial, M (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Science Flashbook Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP pada Materi Pokok Partikel. Chemistry Education Review (CER), 1-15 Toharudin, Uus, & Sri Hendrawati. (2011). Membangun Literasi Sains Siswa. Bandung: humaniora Triwahyuningsih, D., Ningtyas, A. S., & Rahayu, S.(2020). The Problem-based Learning E-Module of Planes Using Kvisoft Flipbook Maker for Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasi, 8(2), 199-208 Ummah, M., Rusilowati, A., & Yuliati, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Gelombang Cahaya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3), 51-57 Vivi Oktaviana, N., Nayazik, A., & Rani, H. A. D. (2019). Efektivitas Penerapan E�Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(1), 32-40 Wati, S. S., Artayasa, I. P., & Kusmiyati, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Gerak Makhluk Hidup Berbasis Literasi Sains Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 548-553. Wibowo, E., & Pratiwi, D, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan Desimal. Jurnal Matematika, 1(2), 147-156 Widayati, J. R., Safrina , R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini malalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654-664 Widoyoko, Eko Putro. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Wiyono, B.H., & Budhi. W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11-18 Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:46
Last Modified: 27 Oct 2022 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52329

Actions (login required)

View Item View Item