MAN JUDUL PERAN GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SD GUGUS MELATI


Risky Setiawan, 1401416472 (2021) MAN JUDUL PERAN GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SD GUGUS MELATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416472 - Risky Setiawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara kelas V di SD Gugus Melati, diperoleh data tentang peran guru dalam memanfaatkan media dan sumber belajar pada pembelajaran PPKn. Peneliti ingin mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam pemanfaatan media dan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam pemanfaatan media dan sumber belajar, hambatan dan dampak penggunaan media dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, 5 Guru Kelas V dan 75 Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Melati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Guru sangat berperan dalam pemanfaatan media pembelajaran sebagai sumber belajar pada muatan pembelajaran PPKn Kelas V SD di Gugus Melati Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen. Peran guru ini diwujudkan dalam empat indikator yaitu peran guru sebagai fasilitator, pembimbing, model, dan motivator. 2) Faktor yang menghambat guru dalam penggunaan media pembelajaran terbagi menjadi faktor dari guru itu sendiri yaitu kompetensi guru dalam membuat dan mengoperasikan media, dan faktor luar meliputi keberagaman peserta didik, ketersediaan media dan tingkat kesulitan materi pembelajaran yang diberikan. 3) Pemanfaatan media dan sumber belajar dalam pembelajaran PPKn di kelas V SD di Gugus Melati Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen memiliki dampak yaitu mempermudah guru untuk menjelaskan isi materi pembelajaran, dapat mempermudah siswa dalam memahami isi materi pembelajaran melalui media dan sumber belajar yang digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1): 1-12. Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2): 216-231. Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2): 106-119. Aini. (2013). Instructional Media In Teaching English To Young Learners: A Case Study In Elementary Schools In Kuningan. Journal of English Education, 1(1): 1-12. Ainina, I. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1): 24-36. Aka, Andri. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran di SD, 1(2): 40-52. Angkowo, R., & Kosasih, A. (2011). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo. Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Grup Media Prenada. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Budiono, H. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (Communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai. Jurnal Ika PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(1): 119-127. Charlaes, K., B. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Siswa. JISIP, 5(3): 140-152. Daryanto. (2016). Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rhineka Cipta. Dayan, B., dkk. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4 (1): 1-14. Edward, L., C., dkk. (2018). A Professional Development Program to Enhance Primary School Teachers’ Knowledge and Operationalization of Physical Literacy. Journal of Teaching in Physical Education, 38(2): 126-135. Fabregues, S., dkk. (2013). Factors Affecting School Teachers’ Perceptions Of The Instructional Benefits Of Digital Technology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141 (1): 357 – 362. Fahdini, R., dkk. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1): 1-12. Fauzi, F., Y. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2):1-15. Filiz, V. dkk. (2013). Elementary School Teachers and Teaching with Technology. ERIC, 12(3): 85-90. Hendarwati, E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar pada Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS. Pedagogia, 2(1): 1-12. Hidayat, E. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah (Pengaruh Dari Faktor Kinerja Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sumber Belajar). Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(1): 222-234. Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga. Husni, M. dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual PPKn Berbasis Teknik Klarifikasi Nilai Pada Siswa Sekolah Dasar di Daerah Wisata Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Didika, 4(2): 90-102. Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1): 1-12. Kamaludin, K., dkk. (2018). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Siswa. Civicus, 6(2): 86-95. Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1): 69-80. Kurniawan, A., R. dkk. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1): 60-72. Kurniawan, M., I. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik. Pedagogia, 4(2): 102-114. Lestari, I., S. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. Susunan Artikel Pendidikan, 3(2): 23-36. Marliyah, M. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkrit Pada Siswa Kelas 1A SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(4): 153-162. Maryono, M. 2(017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 2(1), 72-89. Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. Mojib, A. (2017). Teori Kepribadian Perspektif Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Moleong, L., J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya. Nana, S. & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Niwele, A. dkk. (2018). Peranan Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Inpres Komboi Kabupaten Biak Numfor. Wacana Akademia, 2(2): 70-82. Nurmalina, K & Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn. Nurmansyitah, dkk. (2017). Peran Guru Dalam Penerapan Pengelolaan Kelas di Kelompok Bulong Bungong Lagi Kabupaten Shiah Kota Aceh. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 2(1): 30-42. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan. Poipoi, M., W. & Ayoti, C. (2017). Challenges Facing Teachers In Preparation And Utilization Of Instructional Media In Teaching Kiswahili In Selected Secondary Schools In Kenya. International Journal of Advanced Research (IJAR): 201-207. Rahmat, dkk. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. JMKSP, 2(2): 45-56. Rahmawati, M. (2019). Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa. JP Manper, 4(1): 10-22. Sanjaya. (2008). Faktor – faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Prenada: Jakarta. Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Satrianawati. (2017). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pustaka Indonesia. Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sumiharsono, R. & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Yogyakarta: FMIPA UNY. Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, 1(1): 60-72. Supardi. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1): 72-81. Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181-202. Tambunan, H. dkk. (2018). The Dominant Factor of Teacher’s Role as A Motivator of Students’ Interest and Motivation in Mathematics Achievement. International Education Studies, 11(4): 144-151. Tampubolon, M. (2012). Etika dan Disiplin dalam Mutu Pelayanan (Untuk Guru). Makalah Universitas Kristen Indonesia, 1-23. Triyanto, dkk. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal USM, 1(1): 1-12. Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Buku Baik. Tuasikal, P., (dkk). 2018. Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 14(1): 45-55. Undang-Undang Republik Indonesia,. Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Widyastuti, dkk. (2019). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika di SDN 2 Lumbungkerep. Jurnal UMS, 3(1): 1-12. Winataputra, U., S. (2006). Konsep dan Strategi Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah : Tinjauan Psiko-Pedagogis. Paper. Yuhana, dkk. (2015). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1): 79-96
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:29
Last Modified: 27 Oct 2022 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52328

Actions (login required)

View Item View Item