PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI REBAN


Navia Elma Hanifatul Aulia, 1401416433 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI REBAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416433 - Navia Elma.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai pengetahuan siswa kelas IV SDN Reban untuk memahami isi dan amanat puisi masih di bawah KKM. Dari 33 siswa, terdapat 11 siswa yang sudah mencapai KKM dan 22 siswa belum mencapai KKM. Hal ini terjadi karena media pembelajaran yang tersedia di sekolah tidak layak dan efektif dalam pembelajaran memahami isi dan amanat puisi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan media pop up book, 2) menguji kelayakan media pop up book , dan 3) menguji keefektifan dari media pop up book. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang terdiri dari (1) tahap potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut : a) media pop up book yang dikembangkan sesuai dengan 8 langkah R&D, b) hasil uji kelayakan yang dilakukan ahli media 90,83% dan ahli materi 89,58% dengan rata-rata 90,2% dengan kategori sangat layak, c) uji kelayakan oleh guru dan siswa mendapat persentase 90,6% dari guru kelas IV SD Negeri Reban dan 93,75% dari siswa, dan d) uji keefektifan diperoleh dari nilai rata-rata pengetahuan memahami isi dan amanat puisi pribadi siswa sebelum mendapat perlakuan (tes awal) yaitu 62 dengan jumlah siswa tuntas KKM 11 dari 33 siswa dan setelah mendapat perlakuan (tes akhir) yaitu 81 dengan jumlah siswa tuntas KKM 31 dari 33 siswa. Persentase peningkatan hasil nilai pengetahuan memahami isi dan amanat puisi yaitu sebesar 60,61%. Sedangkan taraf signifikan mendapat rata-rata tes awal sebesar 0,161 dan rata-rata tes akhir sebesar 0,200 yang berarti data tersebut berdistribusi normal. Rata-rata hasil belajar memahami isi dan amanat puisi siswa kelas IV setelah menggunakan media pop up book lebih dari nilai sebelum menggunakan media pop up book dengan t-hitung 15,173 dan t-tabel 1,693. Simpulan penelitian ini adalah media pop up book layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa memahami isi dan amanat puisi. Peneliti memberikan saran agar guru mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia yang variatif agar pemahaman dan pengetahuan memahami isi dan amanat puisi dapat meningkat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Afiyanti, Yati & Rachmawati, Imami Nur. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Riset Keperawatan. Jakarta: Rajawali Press. Akib, Faisal. 2009. Definisi Teknologi Informasi. http://teknik informatika. com/teknologi-informasi. Diakses jam 17.30 tanggal 16 September 2009. Anggraeni, D. N., & Sukirno, S. 2019. Media Pembelajaran Pop-Up Box Simulasi MYOB Accounting pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 16-30. Annisarti & Rahmah. 2016. Model Pop Up Book Keluarga untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Vol 5, No 1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/6288 Aprilia, E., & Supriadi, N. 2019.Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Kotak Pop-Up untuk Anak Autisme. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 241-247. Arikunto. Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers Azhar Arsyad. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Radja Grafindo Persada Baharuddin & Wahyuni. E. N. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Belva, A.,Undari,S.R.,Sa’adah,N.,Yahya,W.I., & Widowati, I. 2015. POBUNDO (Pop-Up Budaya Indonesia) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kebudayaan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, (1). Bluemel & Taylor. 2012. Pop up book s A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC. Budiargo, Wendy. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Pada Materi Macam-Macam Pondasi Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Di Kelas X Tgb Smkn 1 Bendo Magetan. VOL 2, NO 2/JKPTB/17 (2017). Cahyani, Isa. 2009. Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah Dan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Pengembangan Bahasa. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia Citrawati, Desak Made, dkk. 2009. Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Buklet Edukatif Tematik (Bet) untuk Pendidikan Kesehatan di SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 42 (3) (2009) 187 – 195. Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Damayanti, D. 2013. Buku Pintar Sastra Indonesia : Puisi, Sajak, Syair, Pantun, dan Majas. Yogyakarya : Araska. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta Dzuanda. 2011. Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca?.Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http:// library.its.undergraduate.ac.id). Diakses 15 Januari 2018. Evi Khoiriyah, Eka Yuliana Sari (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop up book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2 Juni 2018 http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD 22 Hartati, Nugraheti Sismulyasih. 2017. Development of SAVI (Somatic Auditory Visual and Intellectual) Learning Model with Audio visual to Increase Writing Skill of Elementary Student. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume118Herry Hermawan. 2012. Menyimak Ketrampilan Berkominikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido. Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama Kosasih. 2014. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya. Kosasih, E. 2015. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia. Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofiiset Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung : PT Refika Aditama. Luli Anies Solichah, Neni Mariana (2018). Pengaruh Media Pop Up Book 1537 Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. Volume 06 Nomor 09 Tahun 2018, 1537-154. Mahayani, S., Irwandani, I., Yuberti, Y., & Widayanti, W. 2018. Kotak Pop-Up Berbasis Problem Solving: Pengembangan Media Pembelajaran pada Materi Cahaya dan Alat-Alat Optik untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(2), 98-108Manshur Faiz. 2012. Genius Menulis Penerag Batin Para Penulis. Bandung : Nuansa Meilia Safri , Sri Adelila Sari , dan Marlina. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop up book Pada Materi Minyak Bumi, Vol. 05, No.01, hlm 107-113 Mulyani Sumantri dan Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajer. Bandung : CV Maulana. Nafisah, D., Saputra, H. J., & Untari, M. F. A. 2018.Pengembangan Media Black Box pada Model Pembelajaran CTL Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(4), 343-351 Novi Engla Sari. Dadan Suryana. 2019. Thematic Pop up book as a Learning Media for Early Childhood Language Development. Vol 13 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 13 Nomor 1 April 2019. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/10379Novi Nurlaelah, N., Sabaryati, J., & Zulkarnain, Z. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pop Up untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII SMPN 19 Mataram. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 15-22. Permana, E. P., & Sari, Y. E. P. 2018. Development of Pop Up Book Media Material Distinguishing Characteristics of Healthy and Unfit Environments Class III Students Elementary School. International Journal of Elementary Education, 2(1). Praheto, B. E., & Sayekti, O. M. 2018. Pop Up “Aksara” In The Learning Of Javanese Alphabets In Primary School. In Proceeding of PGSD UST International Conference on Education (Vol. 1). Pramesti, J. 2015. Pengembangan media Pop up book tema peristiwa untuk kelas III SD. Basic Education, no.4, vol.16, hlm.1-11. Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa untuk Guru Bahasa dan Mahapeserta didik Jurusan Bahasa. Yogjakarta : Pustaka Belajar Prasamtong, N., & Dennis, N. K. 2016. The Use of Pop-Up Dictionary for English Vocabulary Learning for Primary School Level. International Journal of Research _ Granthaalayah, 7(4), 213-219 Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press Pratiwi, C.Y. & Damayanti, M. I. 2017. Pengembangan Media Doodle Pop Up Explosion Box untuk Keterampilan Menulis Cerita di Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD 07 (05): 3327-3336. Purmintasari. 2017. Penggunaan Media Ilustrasi Pop-Up Sejarah dalam Pembelajaran IPS di SD Negeri Batursari. Khazanah Pendidikan, 10(2). Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sadiman, Arif. 2007. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Sukmadinata,Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Suryaman, M. dan Wiyatmi. 2012. Puisi Indonesia. Yogyakarta : Penerbit Ombak Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Sylvia.N & Hariani, N. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Pop up book terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2): 1196-1205. Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung : Alfabeta Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Winarni, R. 2014. Kajian SastraAnak. Yogyakarta: Graha Ilmu. Wulandari, Hendratno Hendratno, Titik Indarti. 2020. Development of Pop up book Media based on Balanced Literacy Approach to Improve Skills of Reading Class 1 Students Basic School. Vol 7, No 5 (2020)wulandari. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/1693 Yamin Martinis, 2007. Kiat Membelajarkan Peserta didik. Jakarta: Gaung Persada Press
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:19
Last Modified: 27 Oct 2022 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52327

Actions (login required)

View Item View Item