PEGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI POLA LANTAI TARI DAERAH KELAS V SDN KETITANGWETAN 01 PATI
Ulya Maysyaroh, 101416362 (2021) PEGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI POLA LANTAI TARI DAERAH KELAS V SDN KETITANGWETAN 01 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Seni Tari menjadi salah satu muatan pembelajaran di Sekolah Dasar. Media pembelajaran tari merupakan faktor penting yang mendukung pembelajaran. Peneliti melakukan observasi dan wawancara sebagai kegiatan pra penelitian di SDN Ketitangwetan 01 pada muatan pembelajaran Seni Tari materi pola lantai tari, data di lapangan menunjukan bahwa permasalahan yang ditemui peneliti yaitu kurang optimalnya media pembelajaran yang digunakan dalam menunjang proses pembelajaran. Permasalahan tersebut yang menjadi faktor menurunya kualitas belajar siswa. Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengembangan dan bagaimana kelayakan media interaktif berbasis adobe flash pada muatan seni budaya dan prakarya materi pola lantai tari daerah kelas V SDN Ketitangwetan 01. Tujuan dari penelitian ini yaitu Mengembangkan desain pengembangan dan menguji kelayakan media interaktif berbasis adobe flash pada muatan seni budaya dan prakarya materi pola lantai tari daerah kelas V SDN Ketitangwetan 01. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development dengan langkah – langkah sebagai berikut : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, produk akhir. Dan menggunakan teknik nontes dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media interaktif berbasis Adobe Flash materi pola lantai tari dinyatakan layak oleh 2 ahli media, dengan hasil persentase 96% dari ahli media I dan persentase 95% dari ahli media II. Dan dinyatakan layak oleh 2 ahli materi dengan hasil persentase 87% dari ahli mater I dan 84% dari ahli materi II. Dapat disimpulkan bahwa media Interaktif berbasis Adobe Flash materi pola lantai tari layak digunakan dalam pembelajaran SBdP materi pola lantai tari. Saran dalam penelitian ini hendaknya media interaktif berbasis Adobe Flash materi pola lantai tari digunakan sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kualitas belajar siswa pada muatan SBdP materi pola lantai tari.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Ahmadi, Farid . Dkk. 2017. Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (MIC) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2). Ahmadi, Farid. 2017. Guru Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). Semarang: Pilar Nusantara Ahmadi, Farid & Adi Wisnugroho. The Developing of Media Learning Write Java Letters Using Macromedia Flash to Increase The Average of Learning Result. Proceedings of the 1st Annual International seminar on Transormative Educational Leadership (AISSTEEL). Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelalajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Anggraini, Dwi. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Silat Pedang Untuk Pembelajaran Seni Tari pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Kajian pendidikan Matematika 3 (1): 128 - 134 Anggraeni, Maria. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash Pada Tema Indahnya Keragaman Di negeriku Di Kelas IV SDN 10771 Tembung. School Education Journal.9(4) Apriyanti, Yeni. 2017. Pengembangan Perangkat pembelajaran Flipped Classrom pada materi Getaran Harmonis ini memiliki tujuan mengembangkan media pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan.1(1). : 105 - 110 Arikunto, Suharsimi.2013. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada. Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya. Candra, Alif Aditya. 2015.Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Pkn SMP. Jurnal Pendidikan IPS. 2(2) : 109 - 114 Daryanto.2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media. Dewintha, Sartika. 2018. The Development of Adobe Flash to Learning Dayak Drational Music for Students in Junior High School. Journal of Education, Teaching and Learning. 3(2) Ercan, Orchan. 2014. The Effect of Multimedia Learning Material on Students’ Academic Achievement and attitudes Towards Science Courses. Jurnal of Batlic Science Education, 13 (5). Hamdani.2011. Startegi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hamidi, Nur. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 14(1) Harsiswi, Udi Budi, & Arini, Liss Dyh Dewi. 2020. Pengaruh pembelajaran menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4): 98-120 Jupriyanto & Turahmat. 2017. bahan Ajar Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Daar. 3(2). 120 - 127 Kertiasih, Ni ketut. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Gerakan Dasar Tari Bali. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.6(1) : 103 - 107 Khuzaini, Nanang. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 Untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1) Maulana, Irman. 2014. Pemrograman Game dengan Actionscript 3.0 pada Adobe FlashCS6. Yogyakarta: Andi Offset. Malasari, Nur & Rahman, Arif. 2017. Pengembangan Media Belajar Pada Operasi Hitung untuk Tingkat sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 3(1): 102 - 123. Marnita. 2017. The Use Interactive Multimedia (Macromedia Flash) To Increase Creative Thingking Ability Of Students In Basic Phisics Subject. Jurnal Nasional Pendidikan MAtematika. 4(1) Ms, Buchori, R, selly, dan Wardani, Setia. 2017. The Development of a Learning Media forVisualizing the Pancasila Values Based On Information and communication technology. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 3(3) Mulyani Novi. 2017. Perkembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya. Munir. 2015. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta Najib, Dinar Khoirun. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Banyuwangi Untuk Siswa kelas V. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 2(1) : 230 - 246. Pradesa, Ni Made Mas Yoni. Dkk. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Mata Pelajaran Pkn Kelas VI SD. E- Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. 2 (1). Purwanto, Ngalim.2017. Prinsip - prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya. R, Maya, Monawati, Darnius, Said. 2017. Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa kelas IV SDN 20 Bandar Aceh. Jurrnal lmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Syah Kuala. 2(1). Rachmi, Tetty. Dkk. 2018. Keterampilan Musik Dan Tari. Tangerang Selatan: universitas Terbuka Raihan S, Haryanto, Farid Ahmadi. 2018. Development of Scientific Learning E�Book Using 3D Pageflip Professional Program. Innovative Journal of Curriculum and Education Technology. 7(1) Ramansyah, Wanda. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS3 pada Klas 1 SDN BAncaran Bangkalan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1) Rifa’i , Achmad dan Chatharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press. Rosida. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Interaktif Untuk Menumbuhkan keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Dampak Pencemaran bagi kehidupan. Universitas lampung. Sardiman. 2012. Interaksi dam Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Shoimin, Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2018. Yogyakarta: Ar-Ruz Media Slameto. 2010. Belajar & Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana. 2005. Metode Statistika, Bandung: Tarsito Bandung Sulistyorini, Sri. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT (Information and Communication Technology) atau TIK (Tekonologi Informasi dan Komunikasi) di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.31(2) Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sukariasih, Luh. 2019. The Development of Interactif Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. International Journal for Educational and Vocational studies. 1(4) 110-131 Suryani, Nunuk, Setiawan, Achmad, Putria, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangamya. Bandung: Remaja Rodaskarya Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media T, Raihan, Haryanto, Ahmadi Farid.2018. Development of Scientific Learning E�Book Using 3D Pageflip Professional Program. Innovative Journal of Curriculum and Education Technology. 7(1) Taufiqurrahman, Hutapea, Johan Patar. 2019. Augmented Reality Sebagai Media pembelajaran Interaktif Seni Tari Rantaya Di ISI Surakarta. Jurnal Pendidikan. 2(2) : 89 - 96 Wahyuni. 2016. Meninghkatkan Hasil belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Keterampilan Proses dengan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Hubungan Antara Gaya, Gerak dan Energi melalui Percobaan (Gaya Grafitasi, Gaya gesek, Gaya Magnet) Pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 5(2). Wardani, setia. 2017. Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa SD. Jurnal Universitas PGRI Program Studi Teknik Informatika, 6(1) : 21 - 41 Wulandari, Desi, Dwi P, Fitria, Hartati, Sri, 2017. Pengembangan Pembelajaran Icare-K Berkarakter untuk membekali Kemampuan Keterampiulan Proses IPA Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal ESJ. 7(3) Wulandari, Herawati Susilo,& Dedi Kuswandi. 2017. Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 2(8) Uno, Hamzah B, & Mohamad, Nurdin. 2017. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara. Uno, Hamzah B. 2011 Teori Motivasi & Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara Ziden, Azidah Abu. 2013. The Effectiveness of Web-Based Multimedia Application Simulation in Teaching and Learning. International Journal of Instruction, 6(2). |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 03:14 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 03:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52326 |
Actions (login required)
View Item |