PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAJALAH ELEKTRONIK MATERI KERAGAMAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN KALIKONDANG 4 DEMAK
Nailil Asna Muna, 1401416334 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAJALAH ELEKTRONIK MATERI KERAGAMAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN KALIKONDANG 4 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAJALAH ELEKTRONIK MATERI KERAGAMAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN KALIKONDANG 4 DEMAK)
Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan dari hasil observasi awal di kelas IV SDN Kalikondang 4 didapatkan permasalahan pada pembelajaran IPS yaitu keterbatasan sumber belajar dan juga siswa masih kesulitan dalam memahami materi IPS. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar IPS siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian pengembangan bahan ajar majalah elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar majalah elektronik, menguji kelayakan bahan ajar majalah elektronik, dan menguji keefektifan bahan ajar majalah elektronik dengan Flip PDF Professional muatan pelajaran IPS materi keragaman ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) mengacu pada teori Borg dan Gall (Sugiyono 2015:409). Penelitian ini hanya melakukan delapan dari sepuluh langkah tersebut, yaitu 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Juni 2020 sampai dengan bulan Juli 2020 pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Kalikondang 4 Demak. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, pertama variabel bebas yaitu bahan ajar majalah elektronik materi keragaman ekonomi, dan variabel terikat yaitu hasil belajar pada muatan pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kalikondang 4 .Penilaian kelayakan bahan ajar majalah elektronik ini berdasarkan penilaian validator ahli materi dan media. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, data dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji t satu pihak, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar majalah elektronik dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli validator ahli dari segi materi sebesar 85% dengan kategori sangat layak dan segi media 77,5% dengan kategori layak, dari hasil uji t diketahui terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar majalah elektronik, pada uji n-gain didapatkan hasil perhitungan sebesar 0,51dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar majalah elektronik materi keragaman ekonomi telah layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Bahan ajar ini diharapkan dapat digunakan dan dimanfaatkan guru untuk membuat bahan ajar yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Alfianti, Audita dkk. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education. 1(2): 11 Anwar, Zul dan Wibawa, Basuki. (2019). Development of Learning Resources Based on E-Books in Sasak Alus Language for Elementary Schools in Lombok. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 6(8) :43 Antara dkk. (2018) Pengembangan Majalah Pembelajaran Inspiratif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 Di SD Negeri 2 Kaliuntu. Jurnal edutech undiksha 6(1): 7. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta Asrial, dkk. (2019). Supporting Technology 4.0: Ethoconstructivist Multimedia for Elementary Schools. iJOE 15(14), 54-66. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Dimyati dan Mudjiono.2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Fadilah, Dina dkk. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Samawa Berbentuk Multimedia Interaktif. Jurnal Elementary 3 (2): Fakhruddin, dkk. (2017) IBM Guru Sekolah Dasar Melalui Upaya Peningkatan Kualitas Guru dengan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum 2013 Fisnani, Utanto dan Ahmadi. (2020).The Development of E-Module for Batik Local Content in Pekalongan Elementary School. Jurnal innovative Journal of 57 Curriculum and Educational Technology 9(1). Gunawan, A. & Suhardi, S. (2019). Thematic-Integrative-Based Pictorial Book For Improving The Understanding Reading Skills Of Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia 7(2), 150-161Hutama, F. S., (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5(2), 113-124. Hutauruk, Pindo dan Simbolon, Rinci. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. Scool Education Journal (SEC), 8(2): 128. Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 7(2), 47-65.Oktaviana, Nurya dkk. (2019). Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Joined Journal, 2(1): 40. Karwati, E. & Priansa, D.J. 2015. Manajemen Kelas (Classroom Management). Bandung: Alfabeta. Kumnuansin, J., & Khlaisang, J.(2015). Development of a model of Thai literature hypermedia electronic books with social media based on the reader-response theory to enhance reading comprehension of elementary school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences 174, 1700 – 1706.Lawe, Uge Yosefina dkk.(2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Budaya Lokal Ngada Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2):144. Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2):225. Kurniawati, Eka Feri (2020). Pengimplementasian E-modul Etnokunstruktivisme terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Ilm Pendidikan, 13(1): 17 Lai, Ching San. (2016). Integrating E-Books into Science Teaching by Preservice Elementary School Teacher. Journal of Education in Science, Environment and Health, 1(1): 63. Laksana, Dek Ngurah Laba dkk. (2019). Content and Flores Cultural Context Based Thematic Electronic Learning Materials: Teachers and Students Perception. European Journal of Education Studies, 5(9) : 152 Lawe, Uge Yosefina dkk.(2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Budaya Lokal Ngada Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2):144. Lestari, Karunia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: RAFIKA ADITAMA. Mahendra, Hatma Haris.2017. Pengembangan Bahan Ajar Flash Book Sejarah Peradaban Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Dwijacendekia Jurnal Riset Pedagogik, 1 (2): 31-42. Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Ningsih dkk. (2018) Pengembangan Bahan Ajar Majalah dengan Model Hannafin dan Peck pada Mata Pelajaran IPA di SDN 5 Kampung Baru Singaraja. Jurnal edutech undiksha, 6(2): 294 Nurjanah, Eka dan Haki, Dhikrul. (2018) Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo Pada Siswa Kelas VI MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2 (1): 62 Oktaviana, Nurya dkk. (2019). Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Joined Journal, 2(1): 40. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Prinsip pembelajaran yang digunakan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor SI & SKL 22 Tahun 2009. Phanphai, P. Koraneekij, P. & Khlaisang, J. (2019). Development of Fairy Tales Electronic Book Design Model Using Digital Storytelling in Gamification Environment to Enhance Creative Thinking and Happiness in Learning. IC4E '19: Proceedings of the 10th International Conference on EEducation, E-Business, E-Management and E-Learning, 12–1. Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Prastowo, Andi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Prenada Media Grup. Prastowo, A. 2015. Penulisan Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Pratomo, Dwi Wahyu. (2016). Pengembangan Buku Pintar Elektronik Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal of Curriculum and education Technology, 4(2). Rachmadtullah, Reza dkk. (2018). Developement of Computer-based Interactive Multimedia: Study on Learning in Elementary Education. International Journal od Engineering and Technology. 7(4): 2053. Rusnilawati dan Gustiana, Eva. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbantuan Flipbook berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan CTL Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4(2): 199. Setiawan, D.A. & Kumala, F.N. (2020). Multimedia Interaktif tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1):32. Seso, M. A., Laksana, D. N. L., & Dua, K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology 2(4), 177-185. Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, N. 2016. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sugiyono.2016. Metode Penelitian&Pengembangan. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Susanto, Ahmad. 2016. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group Syahrial, dkk. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. Jurnal Teknologi Pendidikan 21(1), 165-177. Touw, K.W.J., Vogelaar, B., Bakker, M. (2019). Using electronic technology in the dynamic testing of young primary school children: predicting school achievement. Education Tech Research Dev 67, 443–465 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Wibowo, Edi dan Pratiwi, Dona Dinda. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal:Jurnal IPA, 1(2): 147-156. Winda Dhian D.N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Untuk Pembelajaran Ipa Sd. Jurnal Elementary School, 3(1): 47 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 03:06 |
Last Modified: | 16 Apr 2024 02:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52325 |
Actions (login required)
View Item |