HUBUNGAN MOTIVASI, MINAT, DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DHANURWENDA PATI
Alfian Nurianto Ramadhani, 1401416230 (2021) HUBUNGAN MOTIVASI, MINAT, DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DHANURWENDA PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Berdasarkan TIMSS 2015 Indonesia berada diperingkat 44 dari 49 negara dengan perolehan skor 397 sedangkan perolehan rata-rata skor nasional sebesar 500. Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Gugus Dhanurwenda adalah 55% siswa tidak tuntas PAS Gasal Matematika. Dari hasil wawancara guru kelas, diketahui aspek yang mempengaruhi hasil belajar Matematika ialah kurang optimalnya motivasi, minat, dan efikasi diri pada siswa dalam belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan positif antara motivasi siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Dhanurwenda Pati?; (2) Adakah hubungan positif antara minat siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Dhanurwenda Pati?; (3) Adakah hubungan positif antara efikasi diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Dhanurwenda Pati?; (4) Adakah hubungan positif antara motivasi, minat, dan efikasi diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Dhanurwenda Pati? Penelitian kuantitatif ini berjenis penelitian korelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur tingkat hubungan antara motivasi, minat, dan efikasi diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Dhanurwenda Pati baik secara masing-masing maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Dhanurwenda Kabupaten Pati. Sampel penelitian ini berjumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Sebelum melakukan penelitian, instrumen dilakukan uji keandalan menggunakan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heterokesdastisitas. Setelah data memenuhi uji prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik desktiptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi dengan hasil belajar dengan hasil belajar matematika; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara minat dengan hasil belajar matematika; (3) ada hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar matematika; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi, minat, dan efikasi diri secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Simpulan penelitian ini ada hubungan antara motivasi, minat, dan efikasi diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Dhanurenda Pati. Saran penelitian ini adalah guru dan orang tua perlu memperhatikan factor motivasi, minat, dan efikasi diri dalam diri siswa agar hasil belajar matematika lebih optimal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Alay, Ahmad. (Ed)., & Triantoro S. 2013. Effects of Self-Efficacy on Students’ Academic Performance. Journal of Educational, Health and Community Psychology. Karachi : Preston University Kohat-Peshawar campuses. 2(1), 22-29. Aliyah, Laura.,Anisa D.,Rini A.,& Wenni AM . 2017. Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIB SMPN 17 Kota Jambi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 8(2), hal14. Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press. Amir, Zubaidah. dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Aniq, Moh., & Khoirul. 2015. Hubungan antara Minat Belajar dan Hasil Belajarpada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri Kembangarum 2 Mranggen Demak. Jurnal Pendidikan. 5 (1). Arikunto, Suharsini 2013. Prosesur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Astuti., Wiwin Wiji., Sukardi., & Partono. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal. 1(2), hal 5. Awaliyah, Winda., Aflich. 2018. Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(2), hal 93. Basith, Abd., Andi S., & Muhammad A I. 2020. Academic Self-Efficacy As Predictor Of Academic Achievement. JPI. Wuhan : Central China Normal University. 9 (1), 163-170. Budiwijoyo, Satrijo. 2016. Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Jurnal Pendidikan. 1 (1) , hal 60. Bungsu, Hepta., Djukri. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan. Volume 1. 209 Chinn, Clark A. 2011. Educational Psychology: Understanding Students’ Thinking. New Attitudes and Get Results. Jersey: Rutgers University. Beauregard St: ASCD. Chiu, Ming M., & Zeng X. 2008. Family and motivation effects on mathematics achievement:Analyses of students in 41 countries. Hong Kong: The Chinese University of Hong Kong.Learning and Instruction. 18 (14), 321-336. Dewi, Latifah., Sumilah. 2017. Hubungan Minat dan Motivasi Dengan Hasil Belajar IPA Kelas V. Joyful Learning Journal, 6 (3), hal 176. Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Dua, Konstantinus. 2017. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Golewa Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Tunas Bangsa. 4(2), hal 173. Dwi, Rizki., & Ali Sunarso. 2019. Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Baca dengan Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal. 8(4) hal 193. Eka, Karunia Lestari., Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama : Bandung. Eva, Roida. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 2(2), hal 122. Faik, Elok KN. 2020. Peran Efikasi Diri Tinggi Dalam Membentuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Mahasiswa Pada Perkuliahan Program Linear. Jurnal Penidikan Glasser. 4(2), hal 127. Fauziah, Amni., Asih, & Samsul. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan. Volume 4. Fitriwati, Dewi G. 2018. The Effect of Motivation on the Learning Achievement. Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching. 4(2), 198-208 Gunawan, Arwan., Wagimin, & Patni. 2015. Korelasi Antara Karakter Pribadi dan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 4(1) . Hadi, Syamsul, & Novaliyosi. 2019. Prosiding Seminar Nasional TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Tasikmalaya : Universitas Siliwangi. Hamdani, Maria, Husni. 2015. Hubungan Kepribadian dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan. Volume 4. Hartati, Leny. 2013. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan. Volume 3. Hendriana, Heuris., Euis E., & Utari S. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama. Hendrik, Izaak. 2014. The Correlation Study of Interest at Physics and Knowledge of Mathematics Basic Concepts towards the Ability to Solve Physics Problems of 7th Grade Students at Junior High School in Ambon Maluku Province, Indonesia. Education Research International. 3(2),1-6. Herawati, Eti. 2017. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar iswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika Pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas IC SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. Jurnal Nasional Pendndikan Matematika. 1(1), hal 66. Indah, Dessy., Joko S., & Sukamto.. 2019. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 2(3), hal 369. Indiati, Intan., Muhtarom., & Teguh Joko. 2011. Pengaruh Persepsi Siswa Kepada Guru Matematika dan Minat Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri I Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1), hal 1. James, Peter & Tracy. 2014. Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). Volume 1. Juhrani, H. S. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self�Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 251 - 258. Dipetik 09 09, 2019, dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer. Karim, Abdul. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Pendidikan. Volume 4. Kpolovie, P., Andy,& Tracy. 2014. Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). 1(1), 73-100. Lestari, Indah. 2013. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 3(2), hal 115. Lestari, Karunia Eka. dan Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Markus. 2016. “Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Gajahmungkur Semarang”. Skripsi. FIP, Pendidikan Guru Sekolah Dasar,UNNES, Semarang. Matondang, Asnawati. 2018. Pengaruh antara Minat dan Motivasi dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(2), hal 24. Meuthia, Rizki. 2017. Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar siswa Dalam Mata Pelajaran IPA pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1), hal 61. Misbahudin. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Kelas V SDN Dewi Sartika Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan. 18(1), hal 16. Monika, M., & Adman, A. 2017. Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1),hal 110. Mualimin., Noor Aini H., & Lina Herlina. 2013. Korelasi Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi Terhadap IPK Mahasiswa Bidikmisi Biologi Unnes. Unnes Journal of Biology Education. 2(1), hal 108-114. Nasihah, Zahrotun., Isa Ansori. 2020. Hubungan Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mupel PJOK. Joyful Learning Journal, 9(1), hal 21. Natasari, Jani. 2016. Kepribadian Dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Volume 7 Nursamiaji, Agung., & Kusnarto Kurniawan. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 2013 UNNES. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. 4(3) hal 24. Özen, S Orhan. 2017. The Factors Effecting Student Achievement : The Effect of Motivation on Student Achievement. Uşak : Usak Üniversitesi, 35-55. Priyanto,D. 2017. panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi. Rahman, Heri., dkk. 2018. Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Pondok Pesantren Se- Kecamatan Kampar Timiur. Jurnal Pendidikan. Volume 10. Riduwan. 2014. Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta. Rifa`i, Ahmad. dan Catherina Tri Anni. 2016. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press. Riswanto, Ari., & Sri A. 2017. Learning Motivation and Student Achievement: Description Analysis and Relationships Both. The International Journal of Counseling and Education. 2(1).42-47. Riwahyudin, Arvi. 2015. Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 6, hal 11. Saefullah, A., P Siahaan.,& I Msari. 2013. Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Jurnal Pendidikan. Sardiman. 2011. Interaksi&Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Saufika, Farah.,& Amir Mahmud. 2018. Peran Minat Belajar dalam Memediasi Pengaruh Computer Self-Efficacy dan Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal. 7 (3), hal 816. Sefriyan, Dani., Caswita, & Coesamin. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Gadingrejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013) . Jurnal Pendidikan. Volume 2. 213 Setya, Yuli., & Esti. 2016. Hubungan antara Minat Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Presasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan. 4(3), hal 397. Sihaloho, Lasmita., Agus R., & Lili Adi W. Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. Jurnal Invoasi Pembelajaran. 4(1), hal 62. Singer, Kurt. 1973. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung: Remadja Karya CV. Slameto. 2018. Belajar dan Faktor – Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sudjono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Supardi, Leonard, Huri, & Ridmurdiyati. 2012). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif. 2(1), hal 71. Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar&Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Syah, Muhibbin 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Syardiansyah. 2016. Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan. 5(1), hal 440. Tella, Adedeji. 2014. The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria. Eurasia Journal Of Mathematics, Science & Technology Education. 3(2), 149-156. Trisnowali, Andi. 2017. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMAN 2 Watampone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 5(2), hal 259. Ulfah, Yurmina., Syubhan., & Andi. 2015. Hubungan Antara Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan. 3(2), hal 146. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi&Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara. W.S Winkel. 2018. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT . Gramedia. Wahdania., Ulfiani R., & Sri S. Pengaruh Efikasi Diri, Harga Diri Dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 5(1), hal 68. Wahyuni, A. E., & Sukirman. 2018. Peran Students Engagement dalam Memoderasi Pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning terhadap Kompetensi Akutansi. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 92-106. Warti, Elis. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), hal 177. Wasito. 2019. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Jurnal Pendidikan. 3(1), hal 36. Widyastuti., Agung., Wayan., & Rini. 2019. Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran Dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika.13(1). Willis, Juddy. 2010. Learning to Love Math Teaching Strategies that Change Student. Beauregard St: ASCD. Woolfolk, Anita. 2016. Educational Psychology. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited. Yoestara, Marisa., & Zaiyana Putri. University Students’ Self-Efficacy: A Contributing Factor in TOEFL Performance. Journal of English Language and Education. 6(1), hal 117. Yuliyani, Rahmawati., Shinta DH., & Somawati. 2017. Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif. 7(2), hal 130. Yusnimartika, Ratih., Eriva S., & Sri I P.2013. Pengaruh Efikasi Diri Akademik Terhadap Hasil Belajar Matematika Tentang Soal Cerita Operasi Hitung Campuran. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD N. 8(1), hal 16. Yusuf, Hendra., & Mujyono. 2018. Hubungan Motivasi Belajar dan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar IPA Kelas V. Joyful Learning Journal. 7(2), hal 19. Yusuf, Muhammed. 2011. The impact of self-efficacy, achievement motivation, and selfregulated learning strategies on students’ academic achievement. Procedia Social and Behavioral Sciences. Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.15, 2623-2626. Zanita, Erlina. 2018. Pengaruh Lingkungan Belajar Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 14 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan. Volume 3 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 02:50 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 02:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52324 |
Actions (login required)
View Item |