PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERLATIH MATERI MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DI KELAS II SDN TUNGGALROSO KECAMATAN PREMBUN KEBUMEN


Nurjanah, 1401416198 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERLATIH MATERI MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DI KELAS II SDN TUNGGALROSO KECAMATAN PREMBUN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416198 - Nurjanah Lasiyo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SDN Tunggalroso Kecamatan Prembun Kebumen diperoleh data bahwa dalam pembelajaran menulis tegak bersambung masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh media yang digunakan hanya terbatas pada buku guru dan buku siswa serta media pendukung yang ada sudah kurang layak untuk digunakan, dibuktikan dengan hasil belajar sebanyak 20 dari 38 siswa belum lulus KKM. Berdasarkan hasil observasi tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan media buku berlatih, menguji kelayakan dan keefektifan buku berlatih pada materi menulis tegak bersambung di kelas II SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Namun, dimodifikasi karena adanya pandemi Covid-19 sehingga hanya memenuhi 6 tahapan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tunggalroso, ahli, dan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk buku berlatih yang dikembangkan layak uji dengan hasil penilaian ahli media sebesar 95% dan penilaian dari ahli materi sebesar 89,5%; (2) Produk buku berlatih menulis tegak bersambung efektif dapat meningkatkan keterampilan siswa pada nilai rata-rata pretest dan posttest diperoleh peningkatan sebesar 27 dengan persentase 80%. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan t-hitung 5,576 lebih besar dari t-tabel 2,262. Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,56 dengan kriteria sedang; (3) Persentase tanggapan dari siswa 94% dengan kriteria sangat optimal dan besar persentase tanggapan guru 91,33% memiliki kriteria sangat optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Agnesta, D. L., Riyadi, A. R dan Heryanto, D. 2018. Penerapan Metode SAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3(2):30-37. Agustina, I. 2017. Penerapan Metode SAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.2(3):75-83. Anitah, W. S., dkk. 2011. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka. Armstrong, K. 2014. Cursive Handwriting in an Internet Age. Engineering and Technology International Journal of Humanities and Social Sciences. 8(11):3609-3615. Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada. Asher, A. V. 2006. Handwriting Instruction in Elementary School. The American Journal of Occupational Therapy. 60(4):461-471. Asmarani, A. 2011. Implementasi Media Kartu Gambar Bergaris dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Asniar. 2019. Peningkatan Kemampuan Anak Menulis Kalimat Tegak Bersambung Melalui Metode Latihan di Kelas II SD Inpres 3 Bolapapu. Jurnal Kreatif Online. 7(2):132-144. Ates, H. K. 2018. Problem of Gifted and Talented Students Regarding Cursive Handwriting: Parent Opinions. European Journal of Education Research. 7(2):295-301. Bahtiar, R. S. 2019. The Implementation of Giving Example Technique in Cursive Handwriting Books to Improve the Elementary School Students’ Cursive Handwriting Ability. International Conference on Science, Technology, and Environment. Bangun, V. B. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 045964 Buluh Belangke Pada Topik Menulis Tegak Bersambung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Skylandsea. 2(1):77-187. Bara, F., & Morin, M. F. 2013. Does the Handwriting Style Learned in First Grade Determine the Style Used in the Fourth and Fifth Grades and Influence Handwriting Speed and Quality? A Comparison Beetween French and Quebec Children. Psychology in Schools. 50(6):601-617. Bonneton-Botté, N., Beucher-Marsal, C., Bara, F., Muller, J., Corf, L. L., Quéméneur, M., & Dare, M. 2019. Teaching Cursive Handwriting: A Contribution to The Acceptability Study of Using Digital Tablets in French Classrooms. Journal of Early Childhood Literacy. 0(0):1-24. Carlson, A. J. 2015. Cursive Handwriting with Kindergartens. St. Catherine University. 1-44. Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Dani, Y. A., Poerwanti, J. I. S., Atmojo, I. R. W., dan Hartono. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Media Buku Tulis Halus. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Delmawati. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Latihan Menulis Huruf Tegak Bersambung pada Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Khusus. 4(3):19. Department of Education and Early Childhood Development. 2012: 3. Dini, Y. 2017. Menulis Tegak Bersambung. Jakarta: Cikal Aksara. Doug, R. 2019. Handwriting: Developing Pupil’s Identity and Cognitive Skills. International of Education & Literacy Studies. 7(2). 177-188. Fauziah, A. 2018. Peningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Strategi Kontekstual Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 49(7):3.920-3929. Fellasufah, F., Mustadi, A. 2019. Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. 28 (2):60-65. Fitrianti, L., Sadiman, dan Matsuri. 2018. The Improvement of the Cursive Handwriting Skill Through Explicit Instruction Model (A Classroom Action Research of the Second Grade Students of State Primary School Soropadan No, 180 Surakarta in Academic Year 2017/2018). SHEs: Conference Series 1(1):434-441. 143 Graham, S., McKeown, D., Kiuhara, S., & Harris, K. R. 2012. A Meta Analysis of Writing Instruction for Students in The Elementary Grades. Journal of Educational Psychology. 10(4):1-18. Hall, A. 2019. Every Child is A Writer: Understanding the Importance of Writing in Early Childhood. Association Professor of Early Childhood Education, Clemson University. 1-14. Haritzah, R. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Metode Guided Writing di Kelas 2A SD N Sampangan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 32(7):3.158-3.171. Haryati, S. 2012. Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. FKIP-UTM. 37(1):11-26 Hasanah, I. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Latihan Ayo Gladhen Nyerat Aksara Jawa di Kelas IV SD N Adisucipto I. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta. 493-500. Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Persada. Jannataka, N., Sabatini, A. M. 2019. Analisis Kesalahan Ejaan Siswa Dalam Teknik Menulis Tegak Bersambung Materi Bahasa Indonesia Tema 6 Kelas II SDN Gondang Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pena SD. 05(01):17-22. Jordon, M. 2019. Miss Paud Fokus Belajar Menulis Halus Tegak Bersambung. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Kartikawati, D. F., Kuswadi., dan Sriyanto, M. I. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Halus Melalui Penggunaan Metode Guieded Note Taking pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria. 2337-8786. Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2016. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematika). Bandung: PT Refika Aditama. Lismasari. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Tegak Bersambung di Kelas II SD Negeri 81/IX Air Hitam T.P 2018/2019. Jurnal Literasiologi. 3(4):101-115. Marwati. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Metode Latihan Siswa Kelas II SD Negeri 016 Kecamatan Pekanbaru Kota Kota Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 6(1):5-6. Maulana, M. I., Handayani, T., dan Rahayu, W. Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode SAS pada Siswa Kelas II-B Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 7(1):46-51. Melyza, F., & Kasiyati. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Media Buku Bergaris Tiga pada Anak Disgrafia Kelas V di SDN 04 VII Koto Sungai Sarik. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus. 6(1).134-141. Misgiani, A. M. Pembuatan Game Edukasi Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) Huruf Tegak Bersambung Making A Marbel Education Game (Let's Learn To Play) Letters Continue. Journal of Informatics and Computer Science. 4(1):123- 130. Mulyati, L. 2017. Mengatasi Kesulitan Belajar Menulis (Disgrafia) Melalui Metode Bingkai Bagi Anak Tuna Grahita Kelas II SDLB di Skh. Madina Serang. Jurnal UNIK. 2(1):72-73. Mulyati, Y., & Cahyani, I. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Banten: Penerbit Universitas Terbuka. Mumtaz, F. 2019. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru. Muslich, M. 2016. Text Book Writing (Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Natalita, R. K., Situngkir, N., dan Rabbani, S. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Metode Drill pada Siswa Kelas 1 SD. Journal of Elementary Education. 2(1):18-25. Nugraheni, D. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Pembelajaran Menulis Tegak Bersambung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9(8):837-848. Nur’aeni, N., Fuadi, D. N., dan Rizal, S. S. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Alat Peraga Sandpaper Letters Berbasis Montessori. Jurnal Studi Pendidikan Islam. 16(1):124. Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Pribadi, B. 2011. Dasar-Dasar Menulis Tegak Bersambung untuk TK dan Sekolah Dasar. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Puspidalia, Y. S. 2012. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Cendekia. 10(1):121-134. Putra, N. 2019. Research & Development (Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Putranti, Y. D., Sismulyasih, N., dan Nuryanto, S. 2017. Pengembangan Media Ular Tangga Menulis Kalimat Sederhana untuk Siawa Kelas II. Joyful Learning Journal. 6(3):154-160. Rokayah, Y. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Dua SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang Dengan Teknik Mencontoh Tulis Tipis Tulis Tebal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang. 1(2):84-94. Samsiyah, N. 2018. Penerapan Teknik Kontrastif dalam Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Kabupaten Madiun. Paramasastra. 5(1):95. Santoso, A. 2011. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Banten: CV. Gerina Prima. Sayekti. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Pembelajaran Model Jigsaw melalui Bukku Tulis Halus pada Siswa Kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 3(2):80. Semeraro, C., Coppola, G., Cassibba, R., & Lucangeli, D. 2019. Teaching of Cursive Writing in the First Year of Primary School: Effect on Reading and Writing Skills. Journal PLOS One. 14(2):1-17. Sharp, L., & Brown, T. 2015. Handeriting Instruction: An Analysis of Perspective from Three Elementary Teachers. Texas Journal of Literacy Education. 3(1):29-37. Siregar, E., & Nara, H. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Solchan, T. W., dkk. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Banten: Penerbit Universitas Terbuka. Soulisa, I. 2018. Pelatihan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung pada Guru Kelas III SD Yapis Teminabuan Kabupten Sorong Selatan. J-DEPACE. 1(1):1-10. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sundari, F.S., Mulyawati, Y., Windiyani, T., dan Mutia, E. 2019. Relationship of Fine Motor Skills with Vertical Writing Skills at Papandayan Public Elementary School Bogor. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2):7-15. Susanto, A. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Suyono, & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Taneri, P. O., & Akduman, N. 2018. Termination of The Teaching of The Continuous Cursive Handwriting in Schools. ILIRA International Review. 8(1):183-203. Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tompkins, Gail E., and Hoskinsson. 1995. Language Art: Content and Teaching Strategis. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Wicki, W., Lichtsteiner, S. H., Geiger, A. S., & Muller, M. 2014. Original Communication Handwriting Fluency in Children Impact and Correlates. Swiss Journal of Psychology. 73(2):87-96. Widianingrum, U. W., Hartono, dan Yulianti. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Kartu Magic. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Widyaningrum, R. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Contoh di Buku Halus dan Drill pada Peserta Didik Kelas I SDN Jajartunggal III Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar. 1(1):36. Yuliana, E. 2015. Pengembangan Buku Gladhen Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Yuliana, N., Rustono, & Hodidjah. 2017. Penggunaan Metode Latihan Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1):271-284. Yuniarti, A. T., Had, H., dan Mudzanatun. 2020. Analisis Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Buku Tulis Halus Kelas IIA SDN Kebonsawahan 02 Juwana. Elementary School. 7(1):1-6. Zachry, A., Doan, A. P., Lancaster, S. B., Simmons, B., Smith, C., & Wicker, J. N. 2016. A Comparison of Print and Cursive Handwriting in Fifth and Sixth Grade Students: A Pilot Study. The Open Journal of Occupational Therapy. 4(2):1-9
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:36
Last Modified: 27 Oct 2022 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52323

Actions (login required)

View Item View Item