HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN SLAWI


Annisa Noor Febriani, 1401416060 (2020) HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN SLAWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416060 - Annisa Febriani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Pemahaman membaca dan minat belajar seorang siswa merupakan faktor yang sangat mempengaruhi hasil belajar yang akan dicapainya salah satunya adalah muatan pembelajaran matematika. Semakin baik kemampuan membaca dan minat belajar siswa, akan semakin baik pula hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan antara membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Slawi, (2) Untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Slawi, dan (3) Untuk mengetahui hubungan antara membaca pemahaman dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Slawi. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Slawi sejumlah 162 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Random Sampling sejumlah 115 siswa.Variabel dalam penelitian ini meliputi membaca pemahaman dan minat belajar sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, analisis Methode Succesive Interval (MSI), Uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan: (1) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika dengan nilai r hitung 0,258 > 0,176 berkontribusi sebesar 6,6%; (2) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika dengan nilai r hitung 0,634 > 0,176 berkontribusi sebesar 7,50%; (3) Adanya hubungan yang positif dan signifikan membaca pemahaman dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai r hitung 0,641 > 0,176 berkontribusi sebesar 41,1%. Simpulannya adalah hubungan yang positif antara membaca pemahaman dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Slawi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Andanik, Rosselina Tria, dan Meita Fitrianawati. 2018. “Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 1 (1): 40–46. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arnasih, Wati, dan Kendra Hartaya. 2015. “Hubungan antara Konsep Diri Matematika dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tegalwaru 03 Ciampea.” Jurnal Teknologi Pendidikan 4 (2): 53–66. C., Ikke Monicca, Subkhan, dan Rediana Setiyani. 2015. “Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Palebon Semarang.” Economic Education Analysis Journal 4 (2): 414–26. Chairani, Z. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish. Chien-yu, Lin, Pi-hsia Wang, dan Pai-lu Wu. 2015. “The Relationship between Vocational High School Students ’ Problem-Solving Attitude , Learning Interest in Inquiry- Based Learning , and Problem-Solving Competency.” Asian Journal of Management Scienes & Education 4 (4): 9–14. Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Daniyati, Nadzifah Ajeng, dan Sugiman. 2015. “Hubungan antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika.” Pythagoras: Jurnal pendidikan Matematika 10 (1): 50–60. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9109. Dimyati, dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Febriliani, Linda, dan Jaino. 2018. “Hubungan Minat Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V.” Joyful Learning Journal 7 (2): 10–18. Firmansyah, Dani. 2015. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan UNSIKA 3 (1): 34– 44. Hamalik, O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Harisna, Bustanika Luthfi, dan Widayati. 2017. “The RelationshipP Among Learning Interest, Discipline, and Learning Environment with Mathematics Learning Outcomes of Eighth Grade Students of SMP Muhammadiyah Banguntapan Bantul Regency of ODD Semester in the Academic Year of 2015/2016.” AdMathEduSt 4 (1): 40–46. Harlin, Arum Titis. 2015. “Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus 3 Imogiri Bantul.” Hendriani, Maifit. 2018. “Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SD Negeri Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung.” Jurnal Autentik 2 (2): 1–10. Iriani, Sri. 2017. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv SDN 004 Pagaran Tapah Darussalam.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (1): 89–97. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4092. Julianto, Galih Probo. 2016. “Hubungan Membaca Pemahaman dengan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD SeGugus Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 45–49. Juniantoro, Fajar Dwi, dan Nuraeni Abbas. 2018. “Hubungan Teman Sebaya dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Joyful Learning Journal 7 (1): 10–16. Lokar, Natalija. 2016. “Bralna pismenost in učenje matematike DIPLOMSKO DELO.” Maki, Seiji, dan Tatsuya Horita. 2018. “Comparative Study of the Categorization of Items of Statistical Literacy in Mathematics Textbooks of Elementary , Junior High , and High Schools in Japan.” International Journal of Learning Technologies and Learning Environments 1 (1): 79–92. Md Arya Praditha, I, Nym Kusmariatni, dan I Gst Ngurah Japa. 2017. “Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV.” e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD 5 (2): 1–10. Meyanasari, Sayidah, dan Widiyanto. 2017. “Pengaruh Minat dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS MAN 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2015/2016.” Economic Education Analysis Journal 6 (2): 602–11. Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyati, Yeti, Vismaia S. Damaianti, dan Daris Hadianto D. 2017. “Reading Comprehension - Ability to Understand Text Mathematics to Solve Basic Mathematical Questions.” CONAPLIN and ICOLLITE, 454–58. https://doi.org/10.5220/0007169104540458. Mursalin, Nur Rahmatan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman dengan Menerapkan Model CIRC pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Teaching and Learning Research 2 (1): 31–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v2i1.1313. Nisa, Indah Khoirul, dan Rediana Setiyani. 2016. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.” Economic Education Analysis Journal 5 (2): 655– 68. Nisak, Khoirun, dan Dian Septi Nur Afifah. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Kontinu : Jurnal Penelitian Didaktik Matematika 3 (2): 81–92. Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Nuristiqomah, dan Susilo. 2018. “Hubungan Minat Siswa dan Lingkungan Masyarakat terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V.” Joyful Learning Journal 7 (2): 55–63. Parwati, Ni Nyoman, I Putu Pasek Suryawan Suryawan, dan Ratih Ayu Apsari. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers. Permana, Adi. 2019. “Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika (Survei pada Siswa SMK AL�IHSAN Depok).” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (2): 257– 59. Pradipta, Deska Aji. 2018. “Pengaruh Minat Belajar dan Komunikasi Matematis terhadap Pemahaman Konsep Matematika” 31 (1): 66–71. Pratama, Yesy Milda Paula, Retno Sri Iswari, dan Sri Ngabekti. 2018. “Korelasi Persepsi dan Minat dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Lintas Minat Biologi SMAN 1 Ambarawa.” Jurnal Phenomenon 08 (1): 57–67. Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tingkat Pemula dan Menengah. Yogyakarta: Gava Media. Purnama, Indah Mayang. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SMAN Jakarta Selatan.” Jurnal Formatif 6 (3): 233–45. Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Puspitasari, Dilla. 2015. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek melalui Penerapan Strategi Directing Reading Thinking Activity (DRTA) pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rabak Kabupaten Purbalingga.” METAFORA 2 (1): 1–18. Rahayu, Tri, dan Partono Thomas. 2017. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening pada Mata Pelajaran Ekonomi.” Economic Education Analysis Journal 6 (3): 711–26. Rahim, F. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Rudyanto, Hendra Erik. 2017. “Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Soal Cerita Kelas IV.” Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 2 (2): 43–50. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.34. Runtukahu, Tombokan, dan Selpiu Kandou. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sari, Hepi Yunita. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas V SDN 08 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman.” Setiyoko. 2016. “Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3: 107–13. Setyowati, Devi, dan I Wayan Widana. 2016. “Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, dan Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal EMASAINS V (1): 66–72. Sirait, Erlando Doni. 2016. “Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6 (1): 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu. Somadayo, Samsu. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran PQRST terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman ditinjau dari Minat Baca.” EDUKASI - Jurnal Pendidikan 13 (1): 134–48. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. 1 ed. Jakarta: Kencana. Syahputri, Septia Nada, dan Uswatun Khasanah. 2019. “Hubungan antara Minat Belajar dan Kemampuan Literasi Matematis dengan Hasil Belajar Matematika.” Prosiding Sendika 5 (1): 331–38. Tampubolon, DP. 2015. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa. Trisnowali, Andi. 2017. “Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, dan Sikap Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMAN 2 Watampone.” MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran 5 (2): 259–78. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8. Widoyoko, Putro E. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Widyastuti, Esy, dan Sri Adi Widodo. 2018. “Hubungan antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa dan Fasilitas Belajar di Sekolah dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo,” 873– 81. Widyastuti, Agung Putra Wijaya, Wayan Rumite, dan Rini Rita T Marpaung. 2019. “Minat Siswa terhadap Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri.” Jurnal Pendidikan Matematika 13 (1): 83– 100. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6750.83-100
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:03
Last Modified: 27 Oct 2022 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52321

Actions (login required)

View Item View Item