Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Self Control dengan Internet Addiction pada Siswa SMP di Kabupaten Temanggung


Susantika Dwy, 1301417055 (2021) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Self Control dengan Internet Addiction pada Siswa SMP di Kabupaten Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417055 - Susantika Dwy.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu masih adanya siswa yang menggunakan internet secara berlebihan hingga mengalami internet addiction. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dan self control dengan internet addiction pada siswa SMP di Kabupaten Temanggung, baik secara bersama-sama maupun secara persial. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 227 dari 686 siswa dengan menggunakan cluster random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan ialah skala interent addiction, skala pola asuh orangtua, dan skala self control. Selanjutnya, teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan internet addiction (β = 0,179; t= 2,873; p <0,01), hubungan signifikan antara self control dengan internet addiction (β = 0,563; t=10,379; p <0,01). Kemudian terjadi hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua dan self control dengan internet addiction (R=0,569 ; R2= 0,319 ; F=57,966 ;p<0,01). Begitu pula antara pola asuh orangtua dan self control secara bersama-sama memiliki sumbangan efektif 31,9 % terhadap internet addiction. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru BK agar menerapkan program layanan yang mampu mengurangi tingkat internet addiction pada siswa dengan melibatkan orangtua siswa dan tingkat self control siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Adiningtiyas, S. W., & Guru, P. (2017). Peran Guru BK dalam mengatasi kecanduan game online.Jurnal KOPASTA. 4(1), 28–40. Andaryani,D., & Tairas,M.M.W. (2013).Perbedaan Tingkat Self Control pada Remaja Laki-laki dan Remaja Perempuan yang Kecanduan Internet. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 2(3),206-214. Aydn, B., & Sar, S. V. (2011). Internet addiction among adolescents: The role of self-esteem. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 3500–3505. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.325 Babakr, Z. H., Majeed, K., Mohamedamin, P., & Kakamad, K. (2019). Internet addiction in Kurdistan university students: Prevalence and association with self-control. European Journal of Educational Research, 8(3), 867–873. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.867 Chen, Q., Quan, X., Lu, H., Fei, P., & Li, M. (2015). Comparison of the personality and other psychological factors of students with internet addiction who do and do not have associated social dysfunction. 27(1), 36–41. Chuen, B., Lo, Y., Nok, R., Lai, M., & Ng, T. K. (2020). Worry and Permissive Parenting in Association with the Development of Internet Addiction in Children. 1–12. Dewi, N., & Trikusumaadi, S. K. (2016). Bahaya Kecanduan Internet dan Kecemasan Komunikasi terhadap Karakter Kerja Sama pada Mahasiswa. 43, 220–230. Dhahir, D. F. (2018). Internet Parenting upon Indonesian Children Pola Asuh Penggunaan Internet di Kalangan Anak-anak Indonesia Internet Parenting upon Indonesian Children. November. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030206 Di, Zongling., Gong Xiaoliang.,Shi, Jhngyu.,Ahmed O.A,. & Nandi A.K. (2019) Internet addiction disorder detection of Chinese college students using several personality questionnaire data and support vector mechine. International Journal of Addictive Behavior, 10. Finkenauer, C., Engels, R. C. M. E., & Baumeister, R. F. (2005). Parenting behaviour and adolescent behavioural and emotional problems: The role of self-control. International Journal of Behavioral Development, 29(1), 58–69. https://doi.org/10.1080/01650250444000333 Hamid, R., Marhan, C., Psikologi, P. S., & Oleo, U. H. (2020). HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN INTERNET PADA REMAJA RELATIONSHIP BETWEEN SELF CONTROL WITH INTERNET ADDICTION. 1(3), 80–89. Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131. https://doi.org/10.22373/je.v3i2.3091 Hartuti, P., & Sholihah, A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah BK. Issn 2599-1221 10. 1, 10–18. Hidayatullah,G., & Sutresna. (2018) Influence of Outdoor Education on Studeng Self Control. 2nd International Conference on Sports Science and Health,vol 7 Istri, D. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Dan Keterampilan Sosial Dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Smk. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, c, 101–109. Li,Shunyu.,Lei Hao.,& Tian Lan (2018).A Meta-Analysis of the Relationship Between Parenting Style and Internet addiction Among Mainland Chinese Teenagers. Scientific Journal of Behavior and Personality,49(9) Karaer, Y., & Akdemir, D. (2019). Parenting styles, perceived social support and emotion regulation in adolescents with internet addiction. Comprehensive Psychiatry, 92, 22–27. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2019.03.003 Komunikasi, I. D. A. N., & Pengantar, K. (2018). Survei akses teknologi informasi dan komunikasi Kabupaten Temanggung. Kusumawati, R., Aviani, Y. I., & Molina, Y. (2017). Perbedaan Tingkat Kecanduan (Adiksi) Games Online Pada Remaja Ditinjau Dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 8(1), 88–99. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7955 Martins, M. V.,Formiga, A..,Santos C.,Sousa.,Resende. (2020) Adolescent internet addiction-Role of Parental control and Adolescent Behaviours. International Journal of Pediatrics and Adolescent Medicine (7) 116-120. Mulawarman.2020.Problematika Penggunaan Internet : Konsep,Dampak, dan Strategi Penangannya.Semarang;Kencana. Muna, R. F., Astuti, T. P., & Kunci, K. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Akhir Correlation Between Self Control With a Tendency of Social Media Addiction in Late Adolescence. Kecenderungan Kecanduan Media Sosial, Kontrol Diri, Remaja Akhir, 1. Ningtyas, S. D. Y. (2012). Hubungan Antara Self Control dengan Internet Addiction pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 1(1), 25- 30. Nur Rahmawati, A. I. (2018). Internet Addiction pada Remaja Pelaku Substance Abuse: Penyebab atau Akibat? Buletin Psikologi, 26(1), 64–70. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.31164 Pada, P., & Kelas, S. (2013). Perilaku Kecanduan Permainan Internet dan Faktor Penyebabnya pada Siswa Kelas VIII. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(2), 59–63. Park, J. A., Park, M. H., Shin, J. H., Li, B., Rolfe, D. T., Yoo, J. Y., & Dittmore, S. W. (2016). Effect of sports participation on Internet addiction mediated by self�control: A case of Korean adolescents. Kasetsart Journal of Social Sciences, 37(3), 164–169. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.08.003 Prasojo, R. A., & Maharani, D. A. (2018). Mengujikan Internet Addiction Test ( IAT ) ke Responden Indonesia. December. https://doi.org/10.31227/osf.io/7ag4w Prastati, T., Sugiyo & Saraswati, S. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Siswa Memanfaatkan Layanan Konseling Perorangan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3198/2956 Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Teknik Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gava Medika. Rachman,Wujayanti.2017.Metodologi Penelitian Pendidikan Karakter (dalam pendekatan penelitian kuantitatif, kualitatif, metode campuran, tindakan kelas, serta penelitian dan pengembangan).Semarang:LPPM UNNES SARAGIH, E. S. (2020). Kontrol Diri dan Kecenderungan Internet Addiction Disorder. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(1), 57. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1859 Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. 3, 110–117. Soraci, P., Ferrari, A., Bonanno, E., Rosanna, D. P., Repice, E., & Griffiths, M. D. (2020). Psychometric Validation of the Internet Disorder Scale–Short Form in an Italian Adult Sample. International Journal of Mental Health and Addiction. https://doi.org/10.1007/s11469-020-00279-z Sugiharto & Anggraeny. S. N., (2018). Mengukur Kualitas Akuntan Publik Menurut Pengguna Jasa Akuntan Publik. Jurnal Monex 07(01) 2018. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/monex/article/view/724 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta Sugiyono.2017.Statistika untuk Penelitian. Bandung: Cv Alfabeta Sun, Y., Wilkinson, J. S., & Florida, A. (2020). Parenting Style, Personality Traits, and Interpersonal Relationships: A Model of Prediction of Internet Addiction. International Journal of Communication, 14(0), 23. Supriatna, M .,& Marsela, R.D. (2019).Kontrol Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling. 3(2) pp.65-69. Surakarta, U. M. (2009). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. (SKR) Sutoyo. (2014). Pemahaman Individu (Observasi, Checklist, Interviu, Kuisioner, Sosiometri). Semarang:Pustaka Pelajar. Tecnoia.com. (2020).Data pengguna Internet di Seluruh Dunia Tahun 2020; berdasarkan laporan digital 2020 yang dilansir We Are Social dan Hootsuite. diunduh di teknoia.com/data-pengguna-internet-dunia-ac03abc7476 tanggal 5 Februari 2020 Tiwa, J. R.,Palendeng, O. I.,Bawotong,J., Studi, P.,Keperawatan,I.,Kedokteran,F., & Ratulangi, U.S. (2019). GAME ONLINE PADA ANAK USIA REMAJA DI SMA KRISTEN. 7, 1-7. Udiarto, Federica & Astuti, Kamish. (2019) Hubungan Kontrol Diri dengan Kecanduan Internet pada Siswa SMA di Temanggung. the 9 th University Research Collqium 2019 Universitas Muhamadiyah Purworjo. Ustinavičienė, R., Škėmienė, L., Lukšienė, D., Radišauskas, R., Kalinienė, G., & Vasilavičius, P. (2016). Problematic computer game use as expression of Internet addiction and its association with self-rated health in the Lithuanian adolescent population. Medicina (Lithuania), 52(3), 199–204. https://doi.org/10.1016/j.medici.2016.04.002 Xin, M., Xing, J., Pengfei, W., Houru, L., Mengcheng, W., & Hong, Z. (2018). Online activities, prevalence of Internet addiction and risk factors related to family and school among adolescents in China. Addictive Behaviors Reports, 7(June 2017), 14–18. https://doi.org/10.1016/j.abrep.2017.10.003 Yusup, Febrianawati (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 07(01) JanuariJuni 2018 (17-23). http://jurnal.uin�antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/download/2100/1544 Zhang, R. ping, Bai, B. yu, Jiang, S., Yang, S., & Zhou, Q. (2019). Parenting styles and internet addiction in Chinese adolescents: Conscientiousness as a mediator and teacher support as a moderator. Computers in Human Behavior, 101(April), 144–150. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.07.019
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:10
Last Modified: 26 Oct 2022 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52310

Actions (login required)

View Item View Item