PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SANTRI PP AL USTMANI KAJEN PEKALONGAN


Desi Suryani, 1301417017 (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SANTRI PP AL USTMANI KAJEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417017 - Desi Suryani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada santri kelas VII PP Al Ustmani Kajen, Pekalongan yaitu rata-rata santri menunjukkan tingkat penyesuaian diri rendah, dimana santri tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan pondok, kesulitan dalam mengikuti peraturan yang ada (seperti mengaji, shalat, cara berpakaian), kesulitan dalam mengikuti pelajaran dan bahkan dalam berbahasa, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, dan jadwal kegiatan pondok yang sangat padat. Penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik diharapkan dapat membantu santri dalam meningkatkan penyesuaian diri sesuai yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik terhadap penyesuaian diri santri PP Al Utsmani Kajen Kab. Pekalongan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 santri kelas VII PP Al Ustmani, dan sebagai sampelnya adalah 10 santri yang memiliki tingkat penyesuaian diri sangat rendah, rendah, dan tinggi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri santri sebanyak 75 butir item penyataan dengan indicator kematangan emosional, intelektual, sosial dan tanggung jawab santri. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon dengan menggunakan alat bantu program spss versi 22. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penyesuaian diri santri. Tingkat penyesuaian diri santri sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik berada pada kriteria rendah (56%), dan setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik masuk dalam kategori tinggi (65%). Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai z hitung= -2,809 dan asymp signifikansi 0,005 lebih kecil dari p tabel 0,05 (z= -2,809, p<0,05). Dengan demikian dapat diartikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik p modeling simbolik efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri santri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri santri PP Al Ustmani Kajen Pekalongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Ali, M & Asrori, M. (2009). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Bumi Aksara. Al-Mighwar. (2006). Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia. Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Artha, N & Supriyadi. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Udayana. Vol, 1. No, 1. Aulia, Fitri. (2014). Kuesioner Cheklist Masalah Santri dan Layanan Bimbingan Konseling yang dibutuhkan (Studi di SMP Muhammadiyah Boarding School). Yogyakarta: Tesis UIN Sunan Kalijaga, tidak diterbitkan. Awalya, dkk. (2015). Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press. Azwar, Saifuddin. (2011). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cervone, Daniel dan Lawrence A. Previn. (2012). Kepribadian: Teori dan Pengukurannya (Edisi. 10) Buku 2. Terj. Aliya Tusyani, et.al. Jakarta: Salemba Humanika. Chou, Kee-lee. (2000). Brife Report the Utilization of Healthcare Services and Social Services By Neurotic Patients and Their Service Need. International Journal of Social Psychiatry.Vol. 46, No. 4. Corey, Gerald. (2013). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama. Department of Education and Early Childhood Development. (2016). Adaptations Strategies and Resources. Nova Scotia. Online: studentservices.ednet.ns.ca. diakses 10 Februari 2021. Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ----------. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Efendi, Nur. (2014). Manajemen Perubahan di Pondok Pesantren: Konstruksi Teoritik dan Praktik Pengelolaan Perubahan Sebagai Upaya Pewarisan Tradisi dan Menatap Tantangan Masa Depan. Cet: 1, Yogyakarta: Teras. Fatimah, Enung. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik)Cet Ke-3. Bandung: Pustaka Setia. Fahmi, M. (2004). Penyesuaian Diri Remaja. Bandung: Karya Pustaka. Gerald, Kathryn dan David Gelrald. (2010). Konseling Remaja Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gerungan. (2006). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama. Handono, Oki Tri & Khoiruddin Bashori. (2013). Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru. EMPATHY. Jurnal Fakultas Psikologi Vol. 1, No 2. Haryadi, S & Muslikah. (2013). Perkembangan Individu. Yogyakarta: CV Budi Utama. Hawi, Akmal. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Grafindo Persada. Hidayat, Riza. (2018). Hubungan Penyesuaian Diri Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru Pondok Pesantren Ma’had Al-Muqoddasah Litahfidzil Qur’an Ponorogo. Malang: Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim. Horlock, Elizabeth B. (2008). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatang Sepanjang Rentang Kehidupan Terjemahan: Istiwidayati. Jakarta: Erlangga. Http://galegroup.com/itweb diunduh tanggal 2 Oktober 2021. Ihzam, Ahmad, dkk. (2013). Hubungan Relegiulitas dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Tabula Rasa, Volume No.2. Komalasari. G., Wahyuni. G. & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks. ------------------.(2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks. Kumalasari, Fani & Latifah. (2012). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, Vol. 1, No. 1. Kudus: Universitas Muria Kudus. Luddin, A.B.M. (2012). Konseling Individu dan Kelompok (Aplikasi dalam Praktik Konseling). Bandung: Cita Pustaka Media Perintis. Madjid, Nurcholish. (2015). Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina. Maghfiroh. (2011). Penyesuaian Diri pada Remaja Awal dalam Lingkungan Pondok Pesantren Modern. Surakarta: Skripsi UMS. Maghfur, Sya’ban. (2015). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Darussalam Semarang. Semarang: Tesis. Meichati, S. (1983). Kesehatan Mental. Yogyakarta: Fakultas Psokologi UGM. Mugiarso, Heru, dkk. (2011). Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT MKDK UNNES. Mutadin, Z. (2002). www.e-psikologi.com di akses pada tanggal 21 januari 2021. Nursalim, M. (2014). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta Utara: Akademia. Omoruyi, Igbinosa Victor. (2014). Influence Of Broken Homes On Academic Performance And Personality Development Of The Adolescents In Lagos State Metropolis. Volume 2,No.2. University of Lagos, AkokaYaba, Nigeria. diakses pada tanggal 26 Januari 2021. Prayitno, Erman Amti. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Pritaningrum, Meidiana dan Wiwin Hendriani. (2013). Penyesuaian Diri Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, Vol. 02, No. 03, Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Pulungan, Annisa Fitri. (2018). Penerapan Bimbingan dan Konseling Individu dalam Mengatasi Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. Skripsi IAIN Padangsidimpuan. Purnamasari, Lilis Ratna. (2012). Teknik - Teknik Konseling. Semarang: Buku Ajar BK UNNES. Ratna, L. (2013). Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: CV Budi Utama. Rifa‟I dan Anni. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press. Sa’idah Salwa. (2017). Dukungan Sosial dan Self-Efficacy Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Tingkat Pertama Di Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi dan Terapan, Volume.7, No.2. Said, Muhammad. (2015). Strategi Coping Santri Baru: Studi Kasus di Ponpes Al-Amin Mojokerto, Seminar Psikologi & Kemanusiaan. Jurnal Psychology Forum UMM ISBN: 978-979-796-3248206. Semiun,Yustinus. (2010). Kesehatan Mental (Pandangan umum mengenai penyesuaian diri dan kesehatan mental serta teori-teori yang terkait),Cet ke-5. Yogyakarta: Kanisius. Sitompul, D.N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman di SMA Negeri Rantau Utara Tahun 2014/2015. Jurnal Edu Tech. Vol. 1. No. 1. Smith, Eliot R. (2011). Personality Processes and Individual Differences. Juournal of personality and social psychology (frof monitor on psychology). Washington DC: American Psychological. Sobur, Alex. (2011). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfa Beta. ------------. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfa Beta. Supriyatna, Mamat. (2013). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Wali Pers. Sutirna. (2013). Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi Offset. Sutoyo, Anwar. (2014). Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Syafaruddin, dkk. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (Telaah Konsep, Teori dan Praktik). Medan: Perdana Publishing. Tim Penyusun Mutu. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Tim Penyusun Mutu. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bekasi: PT Mentari Utama Unggul. Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integritas). Jakarta: Rajawali Pers. Utami Lestari Putri. (2018). Penyesuaian Diri Santri Putri Baru pada Kegiatan Wajib di Pondok Pesantren Al-Amien Purwokerto Wetan. Purwokerto: Skripsi IAIN Purwokerto. Yengimolki, Soheila. et al. (2015). Self-Concept, Social Adjustment and Academic Achievement of Persian Students. International Review of Social Sciences and Humanities, Vol. 8, No. 2. Syamsu, Yusuf & Juntika Nurihsan. (2014). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Wibowo, Mungin Edi. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press. Winkel & Sri Hastuti. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institut dan Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:35
Last Modified: 05 Jan 2024 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52307

Actions (login required)

View Item View Item