EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ALTRUIS PADA SISWA SMP BOARDING SCHOOL AL�ISHLAH BOBOS CIREBON TAHUN AJARAN 2020/2021


Zulfa Mawadah, 1301417001 (2021) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ALTRUIS PADA SISWA SMP BOARDING SCHOOL AL�ISHLAH BOBOS CIREBON TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417001 - Zulfa Mawadah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Boarding School Al-Ishlah Bobos Cirebon yang menunjukkan rendahnya perilaku altruis. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa siswa tidak langsung membantu teman yang membutuhkan pertolongan, siswa membantu ketika dibayar, siswa lebih memilih membantu teman yang sudah dikenal, dan siswa lebih peduli pada diri sendiri dari pada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dalam mengatasi perilaku altruis siswa yang rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa SMP Boarding School Al-Ishlah Bobos Cirebon, dan sebagai sampelnya adalah 8 siswa kelas VII dan VIII yang memiliki tingkat perilaku altruis rendah. Teknik sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis altruis. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perilaku altruis pada siswa. Tingkat perilaku altruis siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan berada pada kriteria sedang (55%), dan setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan masuk dalam kategori sangat tinggi (86%). Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai z hitung= -2,521 dan asymp signifikansi 0,012 lebih kecil dari p tabel 0,05 (z= -2,521, p<0,05). Dengan demikian dapat diartikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan efektik untuk meningkatkan perilaku altruis siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan efektif untuk meningkatkan perilaku altruis siswa. Bagi konselor sekolah hendaknya meningkatkan intensitas layanan bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan, karena terbukti memberikan kontribusi yang cukup besar untuk meningkatkan perilaku altruis siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan saat pengumpulan data tidak terpaku pada satu jenis metode berupa skala psikologis, tetapi dapat menambahkan metode pengumpulan data yang lebih kompleks seperti observasi dan wawancara yang lebih mendalam serta disarankan untuk meneliti perilaku lainnya yang ada pada diri remaja dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik permainan yang diadopsi dari permainan tradisional guna menjaga kelestarian Indonesia di tengah era moderenisasi saat ini

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Adeyemi, B., & Ajibade, Y. (2011). The Comparative Effects of Simulation Games and Brainstorming Instructional Strategies on Junior Secondary School Students’ Achievement in Social Studies in Nigeria. African Research Review, 5(3), 64–80. https://doi.org/10.4314/afrrev.v5i3.67342 Adsul, J. P. and R. (2017). A Study of Family Relationship, Altruism and Aggression Level of Adolescents. Indian Journal of Positive Psychology, 8, 76–78. Ahmadi, A., & Sholeh, M. (2005). Psikologi Perkembangan. Asi Mahasatya. Akan, Y. (2021). Investigation of the Effect of the “Violence Reduction Psychoeducation Program” on Anger, Violence and Aggression Levels of Students. International Journal of Progressive Education, 17(1), 513–533. 236 https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.329.32 Akos, P. (2000). Building Empathic Skills in Elementary School Children Through Group Work. Journal For Specialists In Group Work, 25(2). Aminudin, M. (2020). Kekerasan Pelajar SMP Yang Berujung Amputasi, 2 Tersangka Ditetapkan. News Detik.Com. Apriliani, A., Rosmawati, & Yakub, E. (2015). Pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan empati siswa kelas xi smk farmasi ikasari pekanbaru tp. 2014/2015. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kegurudan Dan Pendidikan Universitas Riau., 4(2), 1–9. Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Arinata, F. S., Sugiyo, & Purwanto, E. (2017). Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling dan Pengukuhan Positif Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa SD. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 154–158. Astuti, A. D., Sugiyo, & Suwarjo. (2013). Model Layanan Bk Kelompok Teknik Permainan (Games) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 50–56. https://doi.org/10.15294/jubk.v2i1.1236 Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi 2. Pustaka Pelajar. Baron, R. A., & Byrne, D. (2012). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh. Erlangga. Batson, C. D., & Ahmad, N. Y. (2015). Altruism and Prosocial Behavior in Groups Article information : Advances in Group Processes, 26(4), 1–23. https://doi.org/10.1108/S0882-6145(2009)0000026004 Boangmanalu, M. (2019). Efektivitas Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Zahira Kid’s Land Medann TA. 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Brown, N. W. (2018). Psychoeducational Group Prosess And Practice (4th ed.). Routledge. Cahyani, N. A. P., Bariyyah, K., & Latifah, L. (2017). Efektivitas Teknik Permainan Simulasi dengan Menggunakan Media Dart Board untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Tegal Siwalan Probolinggo. Jurnal Konseling Indonesia, 3(1), 22–27. CANDRIASIH, N. W., SEDANAYASA, G. S., & PARTADJAJA, T. R. (2013). PENERAPAN BIMBINGAN SOSIAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA KELAS VIIID3 SMP NEGERI 2 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling UNDIKSHA, 1(1). Chairil Faif Pasani, Sumartono, & Sridevi, H. (2014). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together. In Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat. Damarjati, D. (2019, April 10). Kasus Guru Jadi Korban Kekerasan Juga Terjadi di Luar Negeri. News Detik.Com. Desneli, Firman, & Sano, A. (2016). Peningkatan Penyesuaian Diri Siswamelalui Eningkatan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Informasi. Jurnal Education Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 9–13. Dewi, L. M., & Christiana, E. (2014). Penerapan Modifikasi Permainan 237 Tradisional Engklek Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII-A MTs Negeri Tulungagung. Jurnal BK UNESA, 4(3), 1–10. Eduwar. (2018). Potensi Kebaikan Dan Keburukan Pada Manusia Dalam AlQuran Dan Hadis. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM. Fatimatuzzahra. (2015). Makalah Bimbingan dan Konseling Empati. Fau, S., Firman, F., & Mudjiran, M. (2016). Kontribusi Konsep Diri Akademik dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris serta Implikasinya dalam Penyusunan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Bidang Belajar. Konselor, 5(4), 219–228. https://doi.org/10.24036/02016546556-0- 00 Fitri, N. A. (2020). Gambaran Egosentrisme Remaja Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di Mts Wahid Hasyim Jember. Universitas Muhammadiyah Jember. Folastri, S., & Rangka, I. B. (2016). Buku Layanan Bimbingan & Konseling Kelompok. Mujahid Press. Francia, G., & Edling, S. (2017). Children’s Rights And Violence: A Case Analysis At A Swedish Boarding School. Childhood, 24(1), 51–67. https://doi.org/10.1177/0907568216634063 Gladding, T. S. (2014). A Counseling Specialty (6th ed.). Pearson. Guinot, J., Chiva, R., & Mallén, F. (2015). The effects of altruism and relationship conflict on organizational learning. International Journal of Conflict Management, 26(1), 85–112. Hani, U. (2017). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Simbolik Untuk Meningkatkan Kematangan Emosi Siswa Kelas VIIIA MTS Nurul Islam Randudongkal Pemalang Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Negeri Semarang. Hastuti., W. & S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Intitusi Pendidikan. Media Abadi. Hoog, M. A., & Vaughan, G. M. (2014). Social Psychology. Edinburgh Gate. Husna, N. N. (2015). engaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Terhadap Penyesuaian Diri Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumurrejo 01 Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016). UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Irawan, E., Rosidah, A., & Adiputra, S. (2015). Pengembangan Teknik Permainan Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1), 13–22. Ishak, N. M., Abidin, M. H. Z., & Bakar, A. Y. A. (2014). Dimensions of social skills and their relationship with empathy among gifted and talented students in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2003), 750– 753. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.292 Isnaeni, N., Wibowo, M. E., & Mugiarso, H. (2018). Meningkatkan Perilaku Altruisme pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Melalui Konseling Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1), 45–51. Ituga, A. S. (2017). Efektivitas Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan 238 Internal Locus Of Control Siswa Dalam Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 3(2), 8–14. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Prenada Media Group. Keke, F. F., Setiawati, D., Pd, S., & Pd, M. (2014). PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL MELALUI PROSES REGULASI DIRI PADA SISWA SMP KATOLIK ST . VINCENTIUS SURABAYA THE DEVELOPMENT OF SOCIAL RESPONSIBILITY THROUGH THE PROCESS OF SELF REGULATION TRAINING GUIDE ON STUDENT OF ST . VINCENTIUS. Jurnal BK UNESA, 4(2), 350–360. Latipun. (2015). Psikologi Konseling. UMM Press. Lester, L., Mander, D. J., & Cross, D. (2014). Bullying behaviour following students? Transition to a Secondary Boarding School Context. Journal Of Child And Adolescent Mental Health, 8(3), 35–46. Mahmuliana, Dina, Dahliana Abd, M. (2017). Ananlisis Perilaku Altruisme Pada Santri Di Pondok Pesantren Modern Babun Najah Banda Aceh. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, 2(2), 14–21. Mariani. (2017). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Egosentris Siswa Madrasah Tsanawiyah Madinatussalam Percut Sei Tuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Matondang, A. F. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Internal Locus Of Control Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Meinarno, E. A., & Sarwono, S. W. (2018). Psikologi Sosial Edisi 2. Salemba Humanika. Mesa, N. M. R., Aspin, & Rudin, A. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Altruisme Siswa. Jurnal Bening, 4(1), 35–44. Murti, B. (2018). Prinsip Dan Metode Riset Epidemiologi. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. Mutian, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana. Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Salemba Humanika. Neli, U. S., & Sukmawati, I. (2019). Altruistic Behavior of Students in SMA N 1 Kampung Dalam Padang Pariaman Regency and The Implication in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.24036/00186kons2019 Neukrug, E. (2012). The world of the counselor: An introduction to the counseling profession. Nelson Education. Ni Kadek Wulandari, I. M. R. (2016). Peran Kemandirian Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Penyesuain Diri Pada Siswa Asrama Tahun Pertama SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 232–243. Noya, M. D. A. (2018). Hubungan antara internal locus of control dengan perilaku prososial pada pelajar d SMA N 1 Halmahera Utara. Jurnal Hobualamo Seri Ilmu-Ilmu Sosial Dan Kependidikan, 2(1), 10–17. Nugroho, D. A. (2015). Hubungan Antara Locus Of Control Internal Dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi UNS. Universitas Sebelas Maret. 239 Nurhidayati, T. (2012). Empati dan Munculnya Perilaku Altruistik pada Masa Remaja. Jurnal Edu Islamica, 4(1), 101–123. Pfaff, D. (2015). The altruistic brain: How we are naturally good. Oxford University Press. Prayitno & Erman, A. (2012). Psikologi Pendidikan (Sebuah orienasi baru). Gaung Persada Press. Preston, S. D. (2013). The origins of altruism in offspring care. Psychological Bulletin, 139(6), 1305–1341. https://doi.org/10.1037/a0031755 Purwasih, R., & Sanyata, S. (2020). Psychoeducational Groups With Simulation Game Technique to Improve Student’s Self-Control. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 462(Isgc 2019), 117–119. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.026 PUTRI, H. P. (2018). Pengaruh bimbingan kelompok teknik permainan terhadap pengendalian emosi siswa di mas al- ittihadiyah mamiyai medan. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA. Putri, S., & Ramli, M. (2016). Pengembangan Media Permainan Simulasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Smp. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p040 Rahman, A. (2017). Psikologi Sosial. Rajawali Pers. Rahman, F. (2010). Hubungan Egosentrisme Dengan Kompetensi Sosial Remaja Siswa SMP Muhammadiyah 22 Setia Budi Pamulang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Rini, A. M. F. (2015). Pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Semarang. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Ritch, Savin-williams, Zeldin, R. S., & Small, S. A. (1981). Dominance and Altruism Among Adolescent Males : A Comparison of Ethological and Psychological Methods. Ethology And Sociobiology, 2(4), 167–176. Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Universitas Negeri Malang. Rosyadi, A. E. A. (2017). Empati Dengan Perilaku Altruis Mahasiswa. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang. Santos, E. (2018). Altruism In Psychotherapy: Altruistic Acts As An Adjunct To Psychotherapy. Pepperdine University Graduate. Sari, E. P. (2013). PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 80–85. Sauqi, K. R. (2016). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Film Dalam Meningkatkan Self Esteem Anak Di Yayasan Setara Semarang. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Septiani, Y. (2016). Pengaruh Locus Of Contro Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM, 02(01), 118–128. Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Kelas XII-IIS-1 SMA Negeri 1 Pujut. 240 Jurnal Paedagogy, 7(2), 78–98. Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh penerapan layanan bimbingan kelompok teknik role-playing terhadap perilaku solidaritas siswa dalam menolong teman di SMA Negeri 1 Rantau Utara T.A 2014/2015. Jurnal EduTech, 1(1), 1–12. Smale, S., Overmans, T., Jeuring, J., & van de Grint, L. (2016). The Effect of Simulations and Games on Learning Objectives in Tertiary Education: A Systematic Review. In International Conference on Games and Learning Alliance (pp. 506–516). https://doi.org/10.1007/978-3-319-40216-1_55 Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif & RND. Alfabeta. Surapranata, S. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). PT. Grafindo Persada. Tousignant, B., Eugène, F., Sirois, K., & Jackson, P. L. (2018). Difference In Neural Response To Social Exclusion Observation And Subsequent Altruism Between Adolescents And Adults. Neuropsychologia, 116(Part A), 15–25. https://doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2017.04.017 Tuckman, B. (2017). Forming, Storming, Norming & Performing Team Development Model. Culture At Work, 1–4. Uno, H. B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Bumi Aksara. Widyanuratikah, I. (2020, January 19). ga Siswa SMP Tersangka Kasus Perundungan di Purworejo Tidak Ditahan, Ini Alasan Polisi. Republika. Wismabrata. (2020). Tiga Siswa SMP Tersangka Kasus Perundungan di Purworejo Tidak Ditahan. Kompas.Com. Yang, C., Wang, Y., Wang, Y., Zhang, X., Liu, Y., & Chen, H. (2020). The Effect of Sense of Community Responsibility on Residents’ Altruistic Behavior: Evidence from the Dictator Game. International Journal of Environmental Research and Public Health Article, 17(2), 460. https://doi.org/10.3390/ijerph17020460 Yildiz, M. A., & Duy, B. (2013). Improving Empathy and Communication Skills of Visually Impaired Early Adolescents through a Psycho- education Program. Educational Sciences: Theory & Practice, 13(3), 1470–1476. https://doi.org/10.12738/estp.2013.3.1607 Yuliani, L., Dwikurnaningsih, Y., & . S. (2019). Meningkatkan Perilaku Prososial melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Permainan (Games) pada Anak Asrama Sion Salatiga. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 33. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17605 Zulistiani. (2016). Penanaman Pendidikan Karakter Untuk Menbentuk Perilaku Altruisme Dalam Pendidikan Ekonomi. National Conference On Economic Education Agustus, 1578–1596
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:29
Last Modified: 26 Oct 2022 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52306

Actions (login required)

View Item View Item